Kepala Kesbangpoldagri Sumbawa Ditanya Soal Proyek PPKK Disnakertrans

oleh -11 views
Drs Arief M.Si, Kepala Badan Kesbangpoldagri Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (06/02/2016)

Setelah menetapkan dua orang tersangka dalam kasus Proyek Perluasan Kesempatan Kerja (PPKK) Disnakertrans Sumbawa, Kejaksaan Negeri Sumbawa memeriksa Kepala Kesbangpoldagri Sumbawa, Drs Arif M.Si, Jumat (5/2) kemarin. Pemeriksaan tersebut dilakukan karena saat proyek itu dilaksanakan, Drs Arif masih menjabat sebagai Kadisnakertrans Sumbawa.

Dicegat usai pemeriksaan, Drs Arif M.Si mengaku diperiksa sebagai saksi. Kepada jaksa penyidik ia menjelaskan tugas pokok dan fungsinya sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Seperti pimpinan SKPD lainnya, KPA bukan pelaksana di bawah. Karena itu tidak mengetahui secara pasti mengenai kegiatan di lapangan. Bawahannya melaporkan bahwa kegiatan tersebut berjalan lancar. Segala sesuatu menyangkut tekhnis di tingkat bawah juga bukan kewenangan KPA seperti merekrut pekerja dan proses pembayaran.

Terjadinya penyimpangan di lapangan baru terungkap setelah Tim Dirjen Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) turun ke Sumbawa. Dugaan penyimpangan ini kemudian direspon penegak hukum dengan baik. “Saya hanya menjabat sekitar selama 10 bulan di Disnakertrans dan ditugaskan untuk menyelesaikan sejumlah masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh pendahulunya. Setelah tugas itu selesai, saya dimutasi,” aku Arief.

Ditemui terpisah, Kajari Sumbawa melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Iwan Kurniawan SH mengakui jika mantan Kepala Disnakertrans Sumbawa itu diperiksa sebagai saksi kasus PPKK Disnakertrans untuk tersangka DH. Kepada penyidik Arif yang kini menjabat sebagai Kepala Kesbangpoldagri menjelaskan mengenai proyek PPKK tersebut termasuk siapa-siapa saja pejabat yang terkait dalam proyek itu. Selain itu tupoksinya sebagai KPA juga ditanya. “Setelah mantan kadisnakertrans ini kami akan memanggil sejumlah saksi lainnya,” demikian Iwan. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Hantam Deker, Dua Pelajar Tewas