Sentra IKM Percepat Pertumbuhan Perekonomian Sumbawa

oleh -2 views
Penjabat Bupati Sumbawa diwawancarai wartawan SAMAWAREA dan Suara NTB

SUMBAWA BESAR, SR (04/02/2016)

Penjabat Bupati Sumbawa, Drs H Supran MM sangat apresiatif dengan rencana pemerintah pusat membangun Sentra IKM Berbasis Tematik di Kabupaten Sumbawa pada tahun ini. Sentra IKM yang menjadi program unggulan Jokowi ini akan dibangun di area Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang telah menyiapkan lahan dan menghibahkannya kepada pemerintah daerah.   Pemerintah daerah siap memberikan dukungannya terhadap program ini karena industry kecil dan menengah (IKM) di daerah ini harus mendapat perhatian.

Ia berharap dalam pembangunannya nanti dipastikan tidak ada masalah terutama terkait persoalan lahan. Terhadap hal ini Sekda Sumbawa sudah memberikan jaminan bahwa tanah tempat dibangunnya sentra IKM itu sudah clear and clean. “Soal tanah sudah tidak ada masalah sehingga tidak ada hambatan dalam proses pembangunannya nanti,” ujarnya.

Kepastian pembangunan sentra IKM di Sumbawa pada tahun ini sedang berproses. Untuk bulan ini sudah masuk tahapan lelang dengan alokasi anggaran APBN sebesar Rp 20 Milyar. Spesifikasi bangunannya nanti harus standar dan diharapkan di sentra IKM ini ditempatkan industri yang bahan bakunya tersedia, agar sistemnya nanti tidak menemui kendala.

Haji Supran yang juga Kadis Koperasi dan UMKM NTB ini mengaku telah meminta Kadis Koperasi dan Perindustrian Sumbawa menyiapkan rencana bersama UTS. Selain itu menyiapkan IKM-IKM andalan sesuai potensi yang ada di Kabupaten Sumbawa. Kementerian juga harus memastikan desainnya sesuai dengan harapan masyarakat.

Baca Juga  Cuaca Buruk, Penjajakan Potensi KUR ke Batu Lanteh Tertunda

Ia juga berharap ketika Sentra IKM ini sudah selesai dibangun dapat segera dihibahkan ke pemerintah daerah untuk bisa ditindaklanjuti melalui pembiayaan APBD. Kalau belum dihibahkan maka masih tercatat menjadi aset di sana, membuat pemda tidak bisa mensupport. Berbeda jika sudah dihibahkan, kewajiban daerah untuk mengisi semua kelengkapan kebutuhan dari bangunan IKM tersebut. “Keberadaan sentra IKM ini sangat besar pengaruhnya bagi perekonomian daerah. Saya juga sudah meminta tim dari kementerian untuk membangun hal yang lain karena kita punya potensi yang luar biasa,” demikian penjabat bupati. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.