Puluhan Siswa SMK Al-Kahfi Sumbawa PKL di Jakarta

oleh -108 views

Menimba Ilmu di BPPT dan 4 Perusahaan Besar

SUMBAWA BESAR, SR (04/02/2016)

Sebanyak 38 siswa SMK Al Kahfi Sumbawa bertolak ke Jakarta, Kamis (4/2) siang tadi. Mereka terbagi dalam dua jurusan yaitu 18 siswa jurusan Mekanisasi Pertanian dan 20 Jurusan Akuntansi. Di ibukota nanti para siswa kelas XI ini akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama dua bulan, Februari—Maret 2016. Diantar orang tuanya, para siswa SMK yang berada di bawah naungan Yayasan Dea Mas tersebut dilepas secara resmi di Masjid Agung Nurul Huda menggunakan dua armada bus.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kesiswaan SMK Al-Kahfi Sumbawa, Muhammad Nurhakiki, S.Sos.I kepada SAMAWAREA  menyebutkan seluruh biaya PKL baik keberangkatan, pemulangan maupun akomodasi siswa selama kegiatan di Jakarta ditanggung sepenuhnya oleh pihak Yayasan Dea Mas. PKL itu sebagai hadiah dari yayasan atas keseriusan siswa SMK Al Kahfi dalam menimba ilmu.

Ia mengatakan, untuk siswa Jurusan Mekanisasi Pertanian melaksanakan PKL di Badan Perencanaan Pengembangan Teknologi (BPPT). 18 siswa dari jurusan ini dibagi menjadi tiga kelompok yang masing-masing kelompok diberikan tugas membuat satu proyek atau mesin. Tugas yang diberikan itu harus dapat diselesaikan dalam jangka waktu dua bulan atau selama PKL berlangsung. Sedangkan 20 siswa Jurusan Akuntansi dibagi menjadi empat kelompok dan disebar di empat perusahaan yang bernaung di bawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Antara lain PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), Tugu Pratama Indonesia, Nasre dan Askrida. Masing-masing kelompok terdiri dari lima orang. Diharapkan dari kegiatan tersebut mereka mendapatkan ilmu dan melakukan interaksi secara berbeda.

Baca Juga  Kerjasama DPMD dan UTS Hasilkan Inovasi di 5 Desa

Lebih jauh dikatakan Nurhakiki, bahwa PKL bertujuan untuk mempraktekkan secara langsung teori-teori yang telah diberikan pihak sekolah selama ini. Dengan melaksanakan PKL, siswa mendapatkan gambaran dalam menjajaki dunia kerja. Siswa juga dapat menguasai keterampilan dasar, wawasan serta pengetahuan sesuai bidangnya, sehingga ketika terjun ke dunia kerja mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya. “PKL bermanfaat bagi siswa dalam membentuk dan melatih emosional, etika, dan tingkah laku yang baik. Siswa akan lebih percaya diri, disiplin, bertanggungjawab, serta memiliki kreatifitas dan lainnya,” ucap Nurhakiki.

Disinggung alasan memilih Jakarta sebagai daerah tujuan PKL, Ia mengatakan jika ibukota negara ini memiliki wawasan yang lebih dari daerah lainnya di samping akan lebih banyak menimba pengalaman. Terlebih lagi perusahaan tempat siswa PKL ini milik pemerintah, bergengsi dan menasional. Ia berharap dengan pengalaman serta wawasan yang diperoleh selama PKL menjadi modal besar bagi siswa ketika lulus sekolah termasuk melanjutkan kuliah ke luar negeri. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.