Olat Rawa Dirazia, Polisi Kembali Amankan Dua Truk Kayu

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (03/02/2016)

Kayu yang berasal dari Hutan Olat Rawa, Kecamatan Moyo Hilir terus menjadi incaran aparat baik polisi maupun TNI dan KPH Batu Lanteh. Pasalnya kayu dari wilayah itu diduga kuat hasil illegal logging menyusul adanya aksi pembalakan liar yang kian marak. Setelah mengamankan satu truk yang mengangkut ratusan jati olahan, jajaran Polres Sumbawa kembali mengamankan dua truk kayu dari wilayah yang sama, Selasa (2/2) kemarin. Diamankannya dua truk kayu ini karena mengantongi dokumen yang tidak jelas. “Ini alasan kami mengamankannya,” kata Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK, Rabu (3/2).

Untuk mencegah terjadinya aksi pembalakan hutan di Olat Rawa, ungkap Kapolres, dalam beberapa hari belakangan ini, anggotanya giat menggelar patroli dan razia di sekitar hutan Olat Rawa. Meski ada suratnya, kayu yang berasal dari Olat Rawa patut dicurigai. Sebab ada beberapa modus yang dilakukan pelaku, salah satunya mengaburkan asal kayu. Misalnya kayu dari Olat Rawa tapi suratnya diterbitkan di Labangka. “Ini yang kita selidiki jangan sampai ada permainan dari pihak tertentu,” duganya.

Untuk mengungkap praktek tersebut, penyidik intensif meminta keterangan sopir truk yang memuat kayu. Pihaknya akan mengembangkan kearah siapa yang menyuruh, dan siapa pemilik kayu tersebut. Dari keterangan sang sopir, mengaku dia hanya diperintah dan diminta membawa kayu itu. “Sopir mengaku dia hanya disuruh. Artinya, kayu itu ada pemiliknya. Ini yang sedang kita dalami,” demikian Kapolres. (JEN/SR)

 

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  KAMMI Desak Kapolri Copot Kapolrestabes Medan