Supran Resmi Dilantik Sebagai Penjabat Bupati Sumbawa

oleh -46 views

Liputan Langsung SAMAWAREA di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB

MATARAM, SR (01/02/2016)

Penjabat Bupati Sumbawa, Drs H Supran MM, resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin SH M.Si, Senin (1/2). Pelantikan terhadap Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi NTB ini berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No. 131.52-156 Tahun 2016. Hadir dalam pelantikan yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB di antaranya Ketua DPRD NTB H Umar Said S.Ag, mantan Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik, PLH Bupati Sumbawa Drs H Rasyidi yang juga Sekda Sumbawa, Bupati Sumbawa terpilih HM Husni Djibril B.Sc, Ketua DPRD Sumbawa Lalu Budi Suryata SP, tiga pimpinan DPRD Drs A Rahman Alamudy SH M.Si, H Ilham Mustami S.Ag dan Kamaluddin ST M.Si, Asisten Pemerintahan Dr HM Ikhsan M.Pd, Asisten Perekonomian Drs H Muhammading, Anggota DPRD Sumbawa Agus Salim, sejumlah pejabat Pemprov NTB dan pimpinan SKPD Sumbawa termasuk Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Rachman Ansori M.SE. Pelantikan penjabat Bupati tersebut untuk mengisi kekosongan kepala daerah menyusul telah berakhirnya masa jabatan Drs H Jamaluddin Malik—Drs H Arasy Muhkan pada 16 Januari 2016 lalu. Namun sebelumnya Gubernur menunjuk Pelaksana Tugas Harian Bupati Sumbawa Drs H Rasyidi guna berjalannya roda pemerintahan.

PLH Bupati Sumbawa, Drs H Rasyidi menyerahkan secara simbolik amanah kepada penjabat Bupati Sumbawa, Drs H Supran MM
PLH Bupati Sumbawa, Drs H Rasyidi menyerahkan secara simbolik amanah kepada penjabat Bupati Sumbawa, Drs H Supran MM

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur NTB H Muh Amin SH M.Si menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Drs H Jamaluddin Malik—Drs H Arasy Muhkan (JM—Arasy) atas dedikasi dan pengabdian selama bertugas sebagai bupati dan wakil bupati Sumbawa. Selama kepemimpinan keduanya banyak hal yang sudah diperbuat, serta keberhasilan dan prestasi yang diraih, meski banyak juga yang harus diselesaikan bupati selanjutnya. Karena itu Wagub berharap pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Sumbawa harus tetap berjalan yang tentunya dengan dukungan dan partisipasi semua pihak.

Baca Juga  Rakyat atau Jabatan ?
Bersama mantan Bupati Drs H Jamaluddin Malik dan segenap pimpinan DPRD Sumbawa
Bersama mantan Bupati Drs H Jamaluddin Malik dan segenap pimpinan DPRD Sumbawa

Kepada penjabat bupati yang baru dilantik, Wagub meminta untuk menjalankan tugas pemerintahan dengan baik. Sebab selama JM-Arasy menjabat telah mampu meningkatkan perekonomian, menurunkan angka kemiskinan dan lainnya. Ini menjadi PR besar bagi penjabat dan bupati selanjutnya. Untuk bisa lebih baik ke depan, jalinan komunikasi dan kemitraan harus terus ditingkatkan terutama dengan DPRD. “Budayakan koordinasi maupun komunikasi yang baik dan berkualitas. Tanpa dukungan DPRD mustahil tugas pemerintahan bisa berjalan dengan baik. Untuk itu kepada semua pihak dapat menerima dan mendukung penjabat bupati maupun bupati terpilih nantinya,” demikian Wagub.

Sementara Penjabat Bupati Sumbawa, Drs H Supran MM yang ditemui SAMAWAREA usai dilantik mengatakan, penunjukannya ini wujud kepercayaan dari pimpinan. Setelah dilantik, Ia akan bertolak ke Sumbawa dan langsung melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan baik dari segi aspek pembiayaan maupun regulasi. “APBD sudah diketok, jadi otomatis kita memulai dan menyiapkan perjalanan dan pelaksanaan pembangunan untuk kita lakukan percepatan, sehingga kita harapkan di akhir 2016 ini tidak ada penumpukan kegiatan-kegiatan,” jelas suami dari Ny Hj Zakiah.

Mengawali tugasnya, Ia akan mengundang TAPD dan SKPD untuk melihat kesiapan sekaligus hasil pembangunan yang telah dilakukan di Kabupaten Sumbawa selama Tahun 2015. Dari hal ini akan teridentifikasi apa permasalahan dan upaya apa yang sudah dan akan dilakukan, sehingga menjadi tolok ukur untuk melakukan pembangunan kedepan. “Saya punya keyakinan, Kabupaten Sumbawa adalah kabupaten yang luar biasa dan tidak ada masalah. Yang pasti adalah seluruh regulasi sudah disiapkan oleh Pemda dan jika ada hal-hal yang belum, di situlah tugas saya untuk menggiring supaya regulasi itu segera kita susun dalam waktu dekat, sehingga kegiatan-kegiatan tidak lagi bersifat seremonial tapi yang kita utamakan untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga  Video Novi Marahi Calon Bupati Haji Mo, Kus: Itu Hoax !!
Penjabat Bupati Sumbawa diwawancarai wartawan SAMAWAREA dan Suara NTB
Penjabat Bupati Sumbawa diwawancarai wartawan SAMAWAREA dan Suara NTB

Dengan pengalamannya pernah bertugas di Sumbawa dalam waktu yang cukup lama seperti di Bappeda, Biro Perlengkapan dan Pengelolaan Aset, lalu Dispenda (sekarang DPPK), ungkap ayah lima orang putra ini, menjadi modal awal baginya untuk mengemban amanah. Haji Supran menyatakan bahwa masyarakat Sumbawa adalah saudaranya. Ketika berbicara Sumbawa di provinsi, Ia pasti mengingat Sumbawa karena pernah menjadi warga Sumbawa selama 10 tahun. “Banyak hal yang harus kita lakukan, banyak potensi yang harus kita garap, kemudian kita ingin mengajak teman-teman SKPD untuk melihat potensi itu sebagai sesuatu yang harus dikerjakan, agar daerah kita menjadi nomor satu di NTB dan lebih baik dibandingkan dengan kabupaten lain,” pungkas pria kelahiran Lombok Timur, 31 Desember 1959 ini. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD