Nelayan Tangkap Dapat Bantuan Sertifikat Tanah Gratis

oleh -5 views
Kabid Perikanan Tangkap dan Pulau-pulau Kecil, Noto Karyono

TALIWANG, SR (28/1/2016)

Nelayan Kabupaten Sumbawa Barat kembali mendapat bantuan pembuatan sertifikat tanah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Bantuan ini dikhususkan bagi 100 nelayan tangkap yang berada di Kecamatan Poto Tano dan Taliwang.
Menurut Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan ( DKPP) Sumbawa Barat melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Pulau-pulau Kecil, Noto Karyono, bantuan pembuatan Sertifikat Hak Atas Tanah Nelayan (SEHAT) merupakan program kerjasama Kementerian dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang sudah berjalan sejak 2012 lalu. Untuk tahun ini program tersebut memasuki tahun kelima dari target 8 tahun pemberian bantuan bagi nelayan Sumbawa Barat. “Sama seperti sebelumnya, bantuan SEHAT untuk tahun ini diberikan kepada 100 nelayan tangkap,” terang Noto–sapaan akrabnya.

Nelayan tangkap penerima bantuan dimaksud tersebar di tiga desa yaitu 40 di Desa Poto Tano dan 10 di Desa Tambak Sari, Kecamatan Poto Tano, dan 50 nelayan di Desa Labuhan Lalar Kecamatan Taliwang. “Data lokasi beserta tanah penerima bantuan di Kecamatan Poto Tano dan Kecamatan Taliwang telah diserahkan ke pihak BPN. Hak atas tanah dalam bentuk sertifikat diperkirakan akan rampung paling lambat Bulan Juni 2016,” kata Noto.
Dijelaskan Noto, program SEHAT akan berjalan hingga 2019 mendatang dan nelayan Sumbawa Barat dalam tiap tahun akan mendapat 100 bantuan kepengurusan sertifikat gratis. Tujuan digelontorkannya bantuan tersebut adalah untuk memberikan kepastian hukum bagi nelayan atas kepemilikan tanah yang dibuktikan dengan sertifikat. “Selain itu, program ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi nelayan yang ingin mendapat pinjaman bank karena sertifikat dari program SEHAT dapat dijadikan agunan dengan bunga rendah,” jelasnya.

Baca Juga  Mahasiswa Fateta UTS Belajar Pertanian di Bangkok 

Saat ini terdapat 400 nelayan tangkap di Sumbawa Barat telah memiliki sertifikat tanah dari bantuan progran SEHAT. Dari jumlah penerima bantuan tercatat sebanyak 100 sertifikat telah dijadikan agunan di Bank BRI dengan bunga pinjaman 6 persen per tahun. “Program SEHAT mendapat dukungan dari perbankan yang memfasilitasinya melalui program perkreditan dengan agunan SEHAT nelayan, dan untuk tahun ini 100 nelayan Sumbawa Barat telah mengajukan pinjaman di bank BRI,” sebut Noto. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.