Kapolsek Alas Diganti, Kapolsek Buer Dikukuhkan

oleh -32 views

SUMBAWA BESAR, SR (28/01/2016)

Komisaris Polisi (Kompol) M Jafar kini menjabat sebagai Kapolsek Alas yang baru. Kompol Ibrahim yang semula menjadi Kapolsek Alas bertukar posisi mengisi jabatan yang ditinggalkan Kompol M Jafar sebagai Kepala Bagian Perencanaan (Kabag Ren) Polres Sumbawa. Serah terima jabatan tersebut berlangsung Rabu (27/1) kemarin dalam upacara Sertijab yang dipimpin Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK. Selain itu dalam sertijab dilakukan pengukuhan IPTU Lalu Herman sebagai Kapolsek Buer dari yang selama ini melaksanakan tugas sebagai pelaksana mengingat IPTU Nur Suhadi mengalami sakit permanen.

Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad SIK mengatakan pergantian ini lumrah terjadi dalam suatu organisasi atau institusi selain untuk penyegaran juga pengembangan karir anggota bersangkutan. Kabag Ren adalah jabatan yang sangat penting dan vital, karena mengelola manajemen perencanaan apalagi di awal Tahun 2016 ini. Sebab kegiatan yang dilaksanakan selama satu tahun ke depan depan berasal dari perencanaan. Ketika perencanaan itu baik maka kegiatan operasional di lapangan berjalan dengan baik, demikin sebaliknya. Karena itu Ia yakin jabatan itu mampu diemban Kompol Ibrahim mengingat pengalamannya selama ini sebagai Kasat Intel, Kapolsek Utan dan Alas. Kemudian Polsek Alas adalah Polsek yang bertipe urban yang dijabat  seorang perwira menengah dengan pangkat Komisaris Polisi (Kompol). Artinya dengan pangkat itu menandakan bahwa situasi wilayah memiliki karaterisitik dan kerawanan daerah setempat. Untuk itu Ia juga yakin dengan pengalaman Kompol Jafar yang pernah menjabat sebagai kapolsek di wilayah lain akan mampu melaksanakan tugasnya sebagai Kapolsek Alas dengan baik. Ia berharap sinergitas dengan muspika, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat itu sendiri tetap terjaga. “Ada satu motto, jangan ada darah dan air mata mengalir di kantor polisi. Artinya kita sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat, tidak boleh menjadi beban masyarakat, dan keberadaannya tidak boleh meresahkan dan membuat takut masyarakat. selain itu jangan rebut harta masyarakat tapi rebutlah hatinya. Ketika hati sudah direbut, maka masyarakat pasti akan mendukung polisi,” kata AKBP Muhammad.

Baca Juga  KPK Pilih Kota Sumbawa Sebagai Lokasi ACFFest 2015

Sertijab Kapolsek AlasKemudian untuk IPTU Lalu Herman yang telah dikukuhkan sebagai Kapolsek Buer, dapat melaksanakan amanah itu dengan baik dan benar. Dengan adanya Kantor Polsek Buer yang sebulan lalu baru resmikan akan menyemangati jajaran Polsek setempat untuk meningkatkan tugas sebagai pelayanan, pelindung dan pengayom masyarakat. “Selama ini Kantor Polsek Buer meminjam rumah masyarakat untuk tugas-tugas pelayanan. Kini dengan kantor yang baru maka kinerja harus ditingkatkan,” demikian pesan Kapolres. (JEN/SR)

 

bankntb DPRD DPRD