Jika Pelantikan Februari, Tidak Ada Penjabat Bupati Sumbawa

oleh -14 views
Wagub NTB, H. Muh. Amin SH., M.Si

SUMBAWA BESAR, SR (26/01/2016)

Hingga kini jadwal pelantikan HM Husni Djibril B.Sc—Drs H Mahmud Abdullah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, masih belum jelas. Beredar informasi jika pelantikan itu dilaksanakan pertengahan Februari ini. Ada juga yang mengatakan pada Juni 2016.

Wakil Gubernur NTB, H Muhammad Amin SH M.Si yang dicegat SAMAWAREA usai membuka pertemuan mahasiswa se ASEAN di Sumbawa Besar, kemarin, mengakui jika belum ada informasi mengenai kapan pelantikan bupati/wakil bupati hasil Pilkada serempak belum lama ini. Namun jika kebijakan pusat memajukan pelantikan pada pertengahan Februari ini, Wagub memastikan tidak akan ada penjabat Bupati Sumbawa, dan jabatan itu tetap dipegang PLH (pelaksana tugas harian) yang saat ini dijabat Sekda Sumbawa, Drs H Rasyidi. Sebaliknya ketika pelantikan masih belum jelas atau dilaksanakan Juni mendatang, maka akan ada penjabat bupati. Sebab ada hal prinsip terkait kewenangan yang tidak bisa dilakukan pelaksana tugas harian (PLH) sehingga harus ada penjabat Bupati. “Kalau dalam waktu dekat tidak ada informasi pelantikan, kita isi dengan penjabat bupati agar tugas dan kewenangan pemerintahan di daerah dapat berjalan,” katanya.

Untuk diketahui, persyaratan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa terpilih telah lengkap, setelah penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa diparipurnakan pada sidang istimewa yang digelar DPRD Sumbawa, beberapa waktu lalu. Paripurna istimewa itu merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang mewajibkan penetapan calon terpilih diparipurnakan. Hasil paripurna istimewa itu menjadi salah satu syarat wajib tambahan yang dibutuhkan Mendagri sebelum mengeluarkan SK pelantikan terhadap bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada 9 Desember 2015 lalu. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Kantor KPU “Diserbu” Relawan Logistik

No More Posts Available.

No more pages to load.