250 Rumah Tangga Miskin di KSB Dapat Bantuan Listrik

oleh -6 views

TALIWANG, SR (26/1/2016)

Sebanyak 250 rumah tangga miskin di Kabupaten Sumbawa Barat akan mendapat bantuan listrik berupa meteran dan pemasangan jaringan tegangan rendah dalam tahun ini. Bantuan dipastikan terealisasi paling lambat pertengahan tahun, menyusul adanya kesiapan anggaran dari daerah dan provinsi.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbawa Barat, Ir Muslimin menyebutkan, sekitar 100 Kepala Keluarga telah tercatat akan mendapat bantuan dari anggaran daerah berupa pemasangan jaringan tengangan rendah, dan 150 Kepala Keluarga akan mendapat bantuan dari anggaran provinsi melalui Dinas Pertambangan Energi NTB berupa meteran lisrik. “Bantuan diprioritas bagi rumah tangga miskin yang belum menikmati listrik dan lokasi tempat tinggalnya berada dalam wilayah jangkauan PLN,” kata Muslimin.

Penerima bantuan pemasangan tegangan rendah listrik dimaksud, tersebar di beberapa tempat yakni di Dusun Lang Bere Desa Manemeng Kecamatan Brang Ene, Desa Tepas Sepakat Kecamatan Brang Rea dan Batu Nampar Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang. Sedangkan bantuan berupa meteran diberikan kepada penerima yang tersebar beberapa kecamatan lainnya dengan melibatkan pemerintah desa dan kelurahan dalam verifikasi dan penyerahan bantuan. “Bantuan diberikan sebagai upaya peningkatan elektrifikasi di Sumbawa Barat. Semoga tahun ini bisa terlaksana secara keseluruhan agar jumlah rumah tangga yang belum menikmati listrik bisa berkurang,” jelasnya.

Data akhir 2015 di ESDM KSB, tercatat sekitar 21 persen kepala keluarga yang memiliki tempat tinggal namun belum menikmati listrik. Meski demikian Sumbawa Barat tercatat sebagai kabupaten nomor dua setelah Kota Mataram yang memiliki elektrifikasi rumah tangga paling banyak. “Elektrifikasi di Sumbawa Barat sudah mencapai 78 persen dan itu menjadi capaian terbanyak kedua di NTB, mudah mudahan tahun ini bisa mencapai 80 persen ” tukasnya. (AR/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Tim Pemda akan Cek Aktivitas PT BA

No More Posts Available.

No more pages to load.