Wagub: UTS Representasi Kemajuan NTB

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (25/01/2016)

Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin SH M.Si menyatakan salut dan memberikan apresiasi kepada Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang telah menyelenggarakan ASEAN University Youth Summit (AUYS)–kegiatan dunia di daerah ini. UTS dinilai sebagai representasi dari kemajuan NTB sebagai bhakti kepada perkembangan ilmu pengetahuan dan upaya membangun Masyarakat Ekonomi ASEAN yang bersatu dalam tujuan yang sama, yaitu membangun ASEAN menjadi kawasan regional yang kuat dan bermartabat. “Saat ini kita semua telah tergabung dalam satu komunitas MEA yang merupakan sebuah komunitas yang berpandangan maju, hidup dalam lingkungan yang damai, stabil dan makmur, dipersatukan oleh hubungan kemitraan yang dinamis dan masyarakat yang saling peduli,” kata Wagub di hadapan ratusan mahasiswa dari berbagai negara ASEAN saat membuka AUYS 2016 di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Senin (25/1).

Dijelaskan Wagub, komunitas ASEAN ini dibentuk untuk lebih mempererat integrasi ASEAN dalam menghadapi perkembangan konstelasi politik internasional. Banyak tantangan yang harus dihadapi ASEAN seiring dengan perkembangan yang pesat di bidang politik, keamanan, ekonomi, sosial budaya, teknologi dan bidang-bidang lainnya yang terjadi di luar kawasan. Dalam hal ini, kesejahteraan masyarakat ASEAN menjadi salah satu perhatian utama. Dalam MEA, ekonomi negara-negara ASEAN yang sebelumnya terpisah telah disatukan. Integrasi ekonomi regional ini diharapkan mampu menciptakan ekonomi yang lebih adil. Tak hanya mengejar pertumbuhan namun juga memperhatikan pemerataan pendapatan serta membuka kesempatan berusaha yang adil. Ketimpangan kesejahteraan yang ada saat ini sebagai produk ekonomi masa lalu diharapkan dapat dihilangkan. Dan kewirausahaan sosial merupakan sebuah ide yang menarik. Melalui metode tersebut, kewirausahaan sosial bukan hanya mampu menciptakan banyak lapangan kerja, tetapi juga menciptakan multiplier effect untuk menggerakkan roda perekonomian dan menciptakan kesejahteraan sosial. Seorang sosial enterpreneur adalah seseorang yang cakap dalam melihat tantangan sebagai peluang, melihat sampah menjadi uang, dan melihat masyarakat sebagai mitra strategis. “Disinilah peran civitas akademika menjadi penting karena kitalah tulang punggung dan harapan masa depan MEA. Komitmen kita hari ini merupakan modal kesejahteraan masyarakat ASEAN kedepan,” ujarnya.

Baca Juga  Bupati Launching Rumah Yatim dan Dhuafa Putri "Annisa”
Tamu undangan, salah satunya Sultan Sumbawa Muhammad Kaharuddin IV
Tamu undangan, salah satunya Sultan Sumbawa Muhammad Kaharuddin IV

Peluang dan tantangan kewirausahaan sosial bagi generasi muda, pemuda dan mahasiswa, cukup kondusif untuk dijawab dan dieksploitasi untuk kejayaan masa sekarang dan masa depan ASEAN khususnya dan dunia global pada umumnya. Karenanya perlu kreatifitas, inisiatif, peningkatan skill, ilmu pengetahuan, dan tekhnologi, daya saing, disiplin dan nilai menghargai prestasi dan kerja yang bersungguh-sungguh. Semua itu dalam kerangka menuju komunitas ASEAN dalam satu visi, satu identitas, dan satu komunitas. “Atas nama Pemda dan seluruh mayarakat NTB mengucapkan selamat datang di Bumi NTB, daerah yang terkenal keindahan alamnya dan aneka budaya yang unik. Semoga dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ASEAN University Youth Summit (AUYS) dengan baik,” demikian Wagub. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD