ADD 2016 Berlipat, Kas Desa Bakal Membengkak

oleh -1 views
Ilustrasi alokasi dana desa

SUMBAWA BESAR, SR (25/01/2014)

Kas desa di Kabupaten Sumbawa semakin membengkak pada Tahun 2016 ini. Pasalnya Alokasi Dana Desa (ADD) bersumber dari APBN yang akan diterima pemerintah desa kian berlipat jika dibandingkan Tahun 2015 yang hanya Rp 45 Milyar. Untuk Tahun 2016 ini pemerintah pusat akan mengalokasikan ADD untuk Sumbawa mencapai Rp 101 Milyar. Artinya ada kenaikan dua kali lipat. Hal ini diungkapkan Kepala BPMPD Kabupaten Sumbawa, Tarunawan S.Sos, Senin (25/1).

Tarunawan S.Sos, Kepala BPM PD Sumbawa
Tarunawan S.Sos, Kepala BPM PD Sumbawa

Dengan anggaran yang berlipat ganda ini diharapkan penggunaannya lebih maksimal untuk meningkatkan ekonomi desa seperti pembangunan infrastruktur desa di bidang kesehatan dan pendidikan. “Kami ingin hakikat dana desa itu bisa tercapai,” ucapnya. Namun demikian hingga kini pihaknya belum menerima juklak dan juknis dalam pencairan dana desa pada Tahun 2016 ini apakah langsung diberikan sekaligus atau sama seperti Tahun 2015 kemarin yang dilakukan secara bertahap.

Disinggung mengenai ADD 2015 lalu, mantan Kadis Kehutanan ini mengatakan, semua tahapan pencairan telah mencapai 100 persen. Dalam penggunaannya dinilai cukup lumayan. Karenanya pada Tahun 2016 ini peruntukan dan penyaluran bisa sukses dan tidak ada masalah dalam pelaksanaanya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Bergerak Bersama Selamatkan Bumi Kita