Program PBI Atasi Masyarakat Miskin Non BPJS

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (21/01/2016)

Masyarakat miskin yang tidak terakomodir BPJS dapat bernapas lega. Pasalnya pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa DAN Provinsi NTB telah menyiapkan dana bantuan atau PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan dana Bansos (Bantuan Sosial) khusus bagi yang menderita sakit dan tidak memiliki biaya perawatan di rumah sakit. Program yang dialokasikan melalui APBD ini sebenarnya sudah berjalan sejak Tahun     2015 lalu dan berlanjut di Tahun 2016. Tahun lalu pemerintah daerah menyiapkan kuota 25 ribu orang kini meningkat menjadi 35 ribu orang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Banjamsos, Syarifah S.Sos M.Si yang ditemui SAMAWAREA, mengakui adanya program tersebut. Sejauh ini sudah banyak masyarakat yang memanfaatkannya sambil menunggu proses pengurusan BPJS yang memakan waktu cukup lama. Ketika ada masyarakat miskin yang diopname di RSUD Sumbawa, dapat ditanggulangi secara gratis. Masyarakat bersangkutan hanya membawa Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diterbitkan pihak kelurahan, kemudian ditunjukkan kepada pihak RSUD untuk mendapatkan surat pengantar ke Dinas Sosial. Selanjutnya Disos akan menerbitkan rekomendasi yang nantinya dijadikan bukti oleh RSUD untuk mengklaim pembayaran ke Pemda melalui DPPK. “Kami tidak pegang uang, hanya menerbitkan rekomendasi. Rekom ini dikeluarkan sepanjang anggaran masih tersedia,” katanya.

Namun masyarakat yang sudah tertangani program ini tidak bisa mendapatkannya lagi ketika kembali masuk rumah sakit. Masyarakat dapat menerima manfaat hanya sekali. “Program ini hanya menanggulangi masyarakat yang sakit sambil menunggu pengurusan BPJS yang memakan waktu cukup lama,” jelasnya.

Baca Juga  Carlof: Tim Akreditasi RSUD Asy-Syifa Kerja Cepat

Untuk diketahui pada Tahun 2016 ini dianggarkan dana PBI dan Bansos untuk 35 ribu orang, lebih meningkat dari Tahun 2015 lalu yang hanya 25 ribu. Program ini diluncurkan pemerintah daerah dan propinsi sebagai bentuk perhatian dalam memberikan pelayanan kesehatan khususnya bagi masyarakat miskin, terlantar dan tidak memiliki keluarga. Hal ini juga untuk melaksanakan amanat UU No. 40 Tahun 2004 tentang Jaminan Sosial Nasional, PP No. 101 Tahun 2012 dan aturan lainnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.