Dua Mahasiswa UTS Menimba Ilmu di Tiga Negara

oleh -8 views

Terpilih Dalam Program IEAFCP 2016

HONGKONG, SR (23/01/2016)

Dani Wijaya dan Siti Amaniati—dua mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) terpilih sebagai peserta dalam program Indonesia East Asia Friendship and Cultural Exchange Program (IEAFCP) 2016. Keduanya mendapat kesempatan untuk berkeliling dan menimba ilmu di Hongkong, China dan Macau. IEAFCP merupakan sebuah program yang diadakan sekelompok anak muda yang bernaung di bawah Komunitas Muda Menginspirasi. Awalnya kegiatan ini berada di bawah BEM KM UGM, tapi seiring perkembangan dan bertambahnya peminat, Muda Menginspirasi akhirnya memisahkan diri dari BEM KM UGM dan mendirikan komunitas sendiri. Muda Menginspirasi adalah forum kampanye kreatif yang bergerak aktif menyampaikan isu-isu seputar pendidikan, lingkungan, dan kesehatan di ranah mahasiswa dan generasi muda Indonesia. Komunitas Muda Menginspirasi atau yang akrab dengan sebutan tim MUMI  menjadi wadah bagi anak muda untuk dapat berperan melakukan sebuah tindakan yang tepat dan berkelanjutan demi pembangunan Indonesia ke arah yang lebih baik. Tidak hanya menjadi komunitas pemuda yang tanggap seputar isu pendidikan, kesehatan, dan lingkungan, tim MUMI juga fokus terhadap isu dan permasalahan dunia terkini, sehingga diharapkan dapat berperan aktif menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Muda Menginspirasi telah suskes menyelenggarakan ITFCP (Indonesia Thailand Friendship and Cultural Exchange Program 2014) dan IKFCP (Indonesia Korea Frienship and Cultural Exchange Program 2015) serta kegiatan IEAFCP (Indonesia East Asia Friendship and Cultural Exchange Program). Pada tahun ini IEAFCP diadakan di Hongkong, China, dan Makau selama 7 hari, 11-17 Januari 2016. “Kami banyak belajar hal baru, dan merasakan secara langsung bagaimana keadaan atmosfer di negara itu, baik dari segi pendidikan, lingkungan, dan budaya. Kami juga mendapat wawasan lebih untuk mempersiapkan diri terhadap perkembangan kehidupan di negara-negara super power ini dengan cara yang menyenangkan yaitu melalui friendship dan tourism,” jelas Dani—sapaan akrab mahasiswa Fakultas Teknobiologi UTS ini.

Baca Juga  UTS Tandatangani Kerjasama dengan Perusahaan Berkemampuan Dunia

Secara tidak langsung keikutsertaannya bersama Siti Amaniati, akan memiliki hubungan yang erat dengan Build a Links atau mencari relasi sebanyak mungkin. Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti berbagai universitas tersohor Indonesia antara lain Intitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas DR Moestopo, Universitas Widyatama, Universitas Pendidikan Indonesia, London School of Public Relation, Universitas Islam Indonesia dan Universitas Padjadjaran. “Kami bisa berinteraksi dan mengikuti perkembangan dunia pendidikan Universitas tua di Indonesia bahkan dengan universitas dunia seperti Chiness University of Hongkong yang merupakan universitas peringkat ke-3 di Hongkong, 6 di Asia dan 46 di dunia serta membangun relasi hubungan kerja kedepannya,” ucapnya. Dengan mengunjungi suatu negara kata mahasiswa Fakultas Teknobiologi ini, mereka bisa mempelajari kebaikan budaya dari negara tersebut dan mengambil pelajaran yang bermanfaat untuk di terapkan di Sumbawa atau setidaknya di lingkungan kampus Universitas Teknologi Sumbawa.

Dani Wijaya dan Siti Amaniati
Dani Wijaya dan Siti Amaniati

Untuk diketahui, Dani Wijaya dan Siti Amaniati bisa terpilih sebagai salah satu peserta dalam program IEAFCP 2016 setelah melewati beberapa tahap seleksi, antara lain seleksi administrasi dan wawancara. Untuk Seleksi wawancara di lakukan di Universitas Gadjah Mada bagi calon peserta yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya, sedangkan di luar area seperti Sumbawa diwawancarai melalui skype. Dalam kegiatan tersebut banyak sekali rangkaian acara yang telah disusun, di antaranya amazing race yang bertujuan untuk melatih keberanian, kekompakan, dan tanggung jawab setiap partisipan dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Selanjutnya, kunjungan ke museum, universitas dan perusahaan di Hongkong, Makau, dan China. (Dani/Siti UTS)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.