Syarat Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Terpenuhi

oleh -16 views

SUMBAWA BESAR, SR (22/01/2016)

Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa diparipurnakan pada sidang istimewa yang digelar DPRD Sumbawa, Jumat (22/1). Sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Lalu Budi Suryata didampingi tiga pimpinan lainnya ini dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati terpilih, HM Husni Jibril B.Sc—Drs H  Mahmud Abdullah.

Ditemui SAMAWAREA usai sidang, Budi—akrab Ketua DPRD Sumbawa ini disapa, bahwa paripurna istimewa merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang mewajibkan penetapan calon terpilih diparipurnakan. Hasil paripurna istimewa itu menjadi salah satu syarat wajib tambahan yang dibutuhkan Mendagri sebelum mengeluarkan SK pelantikan terhadap bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada 9 Desember 2015 lalu. “Insya Allah hasil paripurna ini akan kami bawa ke Mendagri pada Hari Senin 23 Januari mendatang,” janji Budi.

Sementara itu Bupati Sumbawa terpilih, HM Husni Jibril menyerahkan sepenuhnya proses pelantikannya kepada Mendagri. Alotnya proses pelantikan ini, ungkap Haji Husni—akrab Ia disapa, karena kekurangan bahan yang menjadi persyaratan yaitu hasil paripurna DPRD Sumbawa terkait penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih. Syarat wajib tambahan ini sudah ada setelah DPRD menyelesaikan paripurnanya, usai Sholat Jumat, tadi. Meski belum bisa memastikan kapan pelantikannya, namun Ia berharap bisa agak sedikit lama sehingga bersama wakilnya Haji Mo, memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat sebelum mengeluarkan kemampuan terbaiknya mewujudkan Sumbawa yang hebat bermartabat. “Saya mau sih pelantikannya nanti-nanti saja karena saya menikmati betul waktu istirahat ini agar memiliki cukup tenaga untuk kembali bekerja dan mengabdi bagi Tana dan Tau Samawa,” demikian Haji Husni. (JEN/SR)

 

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Catat Sejarah, Partisipasi Pemilih di KSB Capai 86,16 Persen