HUT Sumbawa ke-57, Momentum Mulainya Tonggak Kepemimpinan Baru

oleh -10 views

SUMBAWA BESAR, SR (22/01/2016)

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa ke-57 Tahun 2016 berlangsung khidmat. Hadir pada upacara yang dipimpin PLT Bupati Sumbawa, Drs. H. Rasyidi di antaranya mantan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Anggota DPRD NTB, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah NTB, Bupati/Walikota se NTB, Ketua, para Wakil Ketua dan segenap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sumbawa. Selain itu Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa terpilih H. M. Husni Djibril, B.Sc, dan Drs. H. Mahmud Abdullah, para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD, camat, lurah dan kepala desa, pimpinan instansi vertikal, BUMN/BUMD, pimpinan Parpol, Rektor perguruan tinggi, pimpinan organisasi kemasyarakatan, organisasi pemuda dan  organisasi wanita, para pemuka agama, tokoh masyarakat, kalangan cendekiawan, pimpinan lsm, pimpinan media cetak dan elektronik. Sebelum upacara dimulai, dipersembahkan lagu Samawa oleh penyanyi inti gabungan guru di Kota Sumbawa, serta lagu selamat ulang tahun dari Drumband Gita Sabalong Samalewa.

Dalam amanatnya, PLT Bupati Sumbawa, Drs H Rasyidi mengatakan, ulang tahun Kabupaten Sumbawa ke-57 Tahun 2016 yang diperingati hari ini, merupakan hari jadi yang strategis dalam perjalanan roda pemerintahan di Kabupaten Sumbawa. Tahun 2016 merupakan era transformasi dari tahap II Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kabupaten Sumbawa 2005-2025 ke tahap III. Tahun 2016 merupakan tahun berakhirnya masa kepemimpinan Drs. H. Jamaluddin Malik dan Drs. H. Arasy Muhkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2011-2016 pada tanggal 16 Januari 2016 lalu. “Untuk itu, pada kesempatan ini, atas nama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara dan seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Drs. H. Jamaluddin Malik dan Bapak Drs. H. Arasy Muhkan atas dedikasi, jasa-jasa dan pengabdiannya selama ini kepada Kabupaten Sumbawa,” ucap Haji Rasyidi pada Upacara HUT Kabupaten Sumbawa, Jumat (22/1) hari ini.

Upacara HUT Sumbawa 1Dikatakan Rasyidi, 57 tahun usia Kabupaten Sumbawa Tahun 2016 ini, juga menjadi momentum awal dimulainya tonggak kepemimpinan pemerintahan H. M. Husni Djibril, B.Sc dan Drs. H. Mahmud Abdullah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa terpilih hasil Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu, yang akan dilantik dalam beberapa minggu kedepan. “Atas nama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara dan seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa mengucapkan selamat dan semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa akan senantiasa membimbing bapak berdua memimpin pemerintahan daerah ini menuju Kabupaten Sumbawa yang hebat dan bermartabat,” ucapnya.

Peringatan hari jadi Kabupaten Sumbawa ke-57 diselenggarakan untuk membangkitkan semangat seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa dalam rangka membina rasa kebersamaan dan menumbuhkembangkan rasa saling memiliki, serta keterikatan batin segenap elemen masyarakat Sumbawa dalam mendukung proses pembangunan di Tana Samawa tercinta ini. Disadari bahwa Kabupaten Sumbawa memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif, kaya akan sumber daya alam, serta sumber daya manusia potensial yang dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan pembangunan serta memperkuat ikatan persatuan dan solidaritas sosial di antara seluruh komponen masyarakat Tana Samawa. Selama 57 tahun menjalani kehidupan bersama dalam membangun Kabupaten Sumbawa dengan segala dinamikanya, tentunya telah banyak capaian keberhasilan dan prestasi yang diraih dan memberi manfaat bagi masyarakat Sumbawa. Namun penting juga disadari bersama bahwa masih banyak lagi yang belum diselesaikan dan dikerjakan sesuai harapan masyarakat.

Baca Juga  Anggota DPRD Peserta Pilkada Wajib Mundur Setelah Penetapan Calon

Penyelenggaraan 26 urusan wajib dan 8 urusan pilihan telah mampu diselenggarakan secara optimal, sehingga dalam evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Sumbawa selalu berada pada peringkat pertama. Meski demikian sampai usia ke 57 tahun perkembangan perjalanan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan Kabupaten Sumbawa dapat digambarkan sebagai berikut. Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sumbawa dari tahun 2010 hingga tahun 2014 mengalami pertumbuhan yang positif. Tahun 2014 Kabupaten Sumbawa tercatat sebagai daerah dengan laju pertumbuhan ekonomi tertinggi di Nusa Tenggara Barat, dengan PDRB per kapita Kabupaten Sumbawa atas dasar harga berlaku di Tahun 2010 tercatat mencapai angka Rp 20,91 juta pada Tahun 2014. Tata kelola keuangan daerah menunjukkan tren yang meningkat tiap tahunnya. Pendapatan daerah Kabupaten Sumbawa Tahun 2015 mencapai Rp 1,317 trilyun dan dalam APBD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2016 sebesar Rp 1,523 trilyun atau meningkat 13,51%. Sedangkan belanja daerah Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2015 sebesar Rp 1,453 trilyun dan pada Tahun Anggaran 2016 mencapai Rp 1,527 trilyun atau meningkat 4,89%. “Alhamdulillah dalam hal tata kelola keuangan daerah selama 3 tahun berturut-turut Kabupaten Sumbawa memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI,” ungkap Bupati Rasyidi.

Upacara HUT Sumbawa 2Penduduk Kabupaten Sumbawa terus mengalami pertumbuhan yang pada Tahun 2015 tercatat 538.289 jiwa jika dibandingkan jumlah penduduk Kabupaten Sumbawa Tahun 2011 sebanyak 497.020 jiwa dengan laju pertumbuhan sebesar 1,82%. Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Kabupaten Sumbawa, menempati urutan ke-2 Tahun 2014 di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan pada posisi 104 di tingkat nasional. Angka Harapan Lama Sekolah (HLS) pada Tahun 2014 sebesar 11,94% dari 11,67% pada Tahun 2011, dengan peningkatan sebesar 0,27 poin. Rata-rata lama sekolah dari 7,10 tahun pada Tahun 2011 meningkat menjadi 7,31 tahun di Tahun 2014, lebih tinggi dari rata-rata Lama Sekolah Provinsi NTB mencapai 6,67 tahun. Kemudian, Indeks Angka Harapan Hidup menempati urutan ke-4 (70,34) walaupun indeks dan pertumbuhan daya beli masyarakat Sumbawa Tahun 2014 masih menempati urutan ke-8 (61,42) di Nusa Tenggara Barat. Indeks Pembangunan Regional (IPR) berada pada peringkat ke-4 kabupaten/kota se Nusa Tenggara Barat dengan salah satu indikatornya yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sumbawa Tahun 2014 masih berada pada peringkat ke-6. Tingkat kemiskinan di Kabupaten Sumbawa menunjukkan tren yang menurun, yakni dari 83.416 jiwa (19,82% dari jumlah penduduk) pada Tahun 2011 menurun menjadi 71.858 jiwa (16,67% dari jumlah penduduk) pada Tahun 2014, dengan rata-rata penurunan sekitar 7% per tahun.

Baca Juga  Gubernur Dorong Seniman NTB Bersinergi Lahirkan Karya Besar

Dengan tema yang diusung tahun ini yaitu “Bersama Kita Wujudkan Kabupaten Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat”, maka tepatlah bila seluruh komponen masyarakat khususnya Aparatur Sipil Negara Kabupaten Sumbawa untuk lebih meningkatkan kinerja guna menyukseskan visi pemerintahan Kabupaten Sumbawa 2016-2021 yaitu “Terwujudnya Masyarakat Sumbawa yang Berdaya Saing, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Semangat Gotong Royong”.

Dengan dilandasi semangat nawacita maka dalam rangka mewujudkan visi pemerintahan daerah tersebut dalam 5 tahun kedepan, bersama menjalankan misi-misi sebagai berikut. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Mewujudkan birokrasi yang bersih, handal dan profesional sehingga mampu menjalankan pemerintahan sesuai dengan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance). Mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur dengan membangun sinergitas yang kuat dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Mengembangkan potensi unggulan daerah dan meningkatkan produktivitas usaha masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, penurunan angka kemiskinan dan perluasan lapangan kerja. Mewujudkan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan. Mewujudkan masyarakat yang religius dan memelihara toleransi antar umat beragama. Memelihara dan mengembangkan potensi budaya dan kearifan lokal.

Di bagian lain pidatonya, PLT Bupati Drs H Rasyidi mengajak seluruh komponen bangsa di Kabupaten Sumbawa untuk bersama-sama menjaga kondusifitas daerah, memelihara rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan toleransi umat beragama, memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan, serta berperan aktif dalam melakukan perubahan ke arah positif guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumbawa. Ia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, penciptaan kondusifitas wilayah, menjaga keharmonisan sosial serta mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Sumbawa. Juga kepada semua pihak yang secara langsung maupun tidak langsung telah membantu dan berpartisipasi demi suksesnya acara ini. “Dirgahayu Kabupaten Sumbawa ke-57 Tahun 2016. Mari kita jadikan momentum ini sebagai pembangkit semangat untuk melanjutkan pengabdian kita bersama menuju Kabupaten Sumbawa yang hebat dan bermartabat. Semoga Allah SWT, senantiasa membimbing sekaligus meridhoi langkah dan pengabdian kita semua bagi bangsa, negara dan Kabupaten Sumbawa yang kita cintai ini,” demikian Bupati.

Di akhir upacara, Bupati menganugerahkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI kepada 59 orang PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD, negara dan pemerintah dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin secara terus–menerus paling singkat sepuluh tahun, dua puluh tahun dan tiga puluh tahun. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD