PTNNT Bantah Buang Limbah ke Laut

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (21/01/2016)

Manager Social Responsibility PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), Ir H Syarafuddin Jarot, kembali membantah dengan tegas pemberitaan yang menyatakan bahwa PTNNT membuang limbah dari kapal ke laut. “PTNNT tidak membuang limbah apapun dari kapal tersebut ke laut,” bantah Jarot—akrab ia disapa melalui siaran persnya yang diterima SAMAWAREA, Kamis (21/1).

Sesuai manifest, ungkapnya, limbah yang diangkut oleh Kapal MV Redrock adalah pelumas bekas dan limbah-limbah bekas pakai lainnya yang telah mendapat izin untuk dikirim ke sarana-sarana pendaur-ulang limbah berizin milik pihak ketiga di dalam negeri. PTNNT juga mengijinkan penyelidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB yang hingga saat ini tidak mendapati ketidaksesuaian dengan manifest.

Sebelumnya PTNNT juga membantah pemberitaan yang dimuat media mengenai adanya dugaan penyeludupan 11 kontainer berisi tembaga dan scrap dari Pelabuhan Benete PTNNT. Demikian juga mengenai isu yang disampaikan ke pemerintah KSB tentang PTNNT mengapalkan scrap yang tidak sesuai dengan dokumen adalah tidak benar. Sebuah tim yang terdiri dari pihak Pemerintah daerah KSB, KUPP Benete, Polres Sumbawa Barat, KP 3 Benete dan pihak PTNNT telah melakukan pemeriksaan lapangan dengan hasil bahwa logam tembaga bekas yang akan dikapalkan masih berada di lokasi Pelabuhan Benete dalam 11 kontainer tersegel dengan jumlah volume sesuai hasil pemeriksaan PT Surveyor Indonesia.

Baca Juga  Dibuka Wagub, Seminar PKR Syariah Berlangsung Semarak

Selama ini terkait operasional tersus Benete PTNNT dan Pelabuhan Umum Benete dilaksanakan di bawah pengawasan KUPP Benete dan Syahbandar, telah berjalan dengan aman. “Dalam menjalankan operasinya PTNNT senantiasa taat dan melaksanakan semua ketentuan pemerintah dan perundangan yang berlaku,” pungkas Jarot. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.