Pelayanan dan Keramahtamahan Kunci Sukses AUYS

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (21/01/2016)

Bupati Sumbawa periode 2010-2015, Drs H Jamaluddin Malik menyatakan bahwa kesuksesan ASEAN University Youth Summit (AUYS) yang dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa, bukan hanya untuk mahasiswa UTS selaku penyelenggara, tapi Sumbawa secara keseluruhan. Karena itu buatlah peserta pertemuan mahasiswa se ASEAN itu berkesan sehingga ketika mereka pulang ke negara asalnya akan berbicara tentang Sumbawa. Menurut JM—sapaan akrab tokoh Sumbawa ini, tidak perlu menyiapkan ruang pertemuan formal yang terlalu mewah, sesuaikan dengan keadaan yang ada. Hal yang terlalu formal cenderung tidak terlalu disukai peserta. Yang paling utama adalah pelayanan dan keramahtamahan masyarakat Sumbawa. “Mereka akan lupa dengan tempat pelaksanaan pertemuan, ketika kita mampu memberikan pelayanan yang memuaskan dan keramahtamahan yang menyenangkan di luar acara formal. Ini yang akan diingat saat mereka pulang ke negaranya masing-masing,” kata JM kepada SAMAWAREA usai acara perpisahannya di Wisma Daerah, Rabu (20/1) malam.

Ketika ingatan itu terus tertanam di benaknya, sambung JM, pastinya mereka akan berbicara tentang Sumbawa yang secara tidak langsung muncul kerinduan untuk kembali ke daerah ini bahkan mengajak serta keluarga, teman dan orang-orang yang berada di lingkungannya. “Kesuksesan sebuah event ketika memberikan dampak positif bagi peserta, penyelenggara maupun daerah tempat pelaksanaan,” ujar JM.

Sekarang ini Sumbawa sedang giat-giatnya menjual potensi daerah baik pariwisata, perikanan, peternakan dan lainnya. Karena itu banyak manfaat yang bisa diambil pemerintah daerah terutama leading sector terkait dari pelaksanaan AUYS. Karena itu sosialisasi dan promosi harus gencar dilakukan. Manfaatkan para peserta AUYS menjadi agen pariwisata Sumbawa. “Dinas Pariwisata dan dinas-dinas lain harus lebih berperan dan proaktif melihat peluang lalu memanfaatkannya,” saran JM. Ia berharap dengan pelaksanaan AUYS tidak hanya menggeliatkan ekonomi dan melahirkan peluang investasi, tapi juga dapat menjadi pemacu semangat sekaligus melahirkan kepercayaan diri para pelajar dan mahasiswa di daerah ini. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  KKN UTS Fokuskan Pemberdayaan dan Pengembangan SDM