Ribuan Barang Bukti Hasil Kejahatan Dimusnahkan

oleh -31 views

SUMBAWA BESAR, SR (20/01/2016)

Ribuan barang bukti berbagai jenis dimusnahkan jajaran Polres Sumbawa, Rabu (20/1). Pemusnahan hasil Operasi Lilin 2015 lalu ini disaksikan langsung Pelaksana Harian Bupati Sumbawa Drs. H. Rasyidi, Wakil Bupati Sumbawa terpilih Drs. H. Mahmud Abdullah, Ketua DPRD Sumbawa Lalu Budi Suryata, Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kamaluddin ST.,M.Si, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Sumbawa Feddy Hantyo Nugroho SH, perwakilan Pengadilan Negeri Sumbawa Reza Tyrama SH, utusan Majelis Ulama Indonesia Ust Faisal Salim S.Ag, Ketua NU H A Rachman Muchtar dan perwakilan FKUB.

Bakar BB 4Barang bukti tersebut terdiri dari 41 jirigen dan 56 botol arak, 166 botol brem, 504 botol bir bintang, 135 botol Moke, 202 botol Mc Donald, 47 botol New Pot, 255 botol Topi Miring, 146 botol Anggur Kolesom, 15 botol General, 7 botol Vodka, dan 2 botol Black Label. Selain itu 1.120 buah terompet berjilid Al Quran, 45 botol bom ikan, 12 detonator, dan 300 knalpot racing. Untuk knalpot racing dimusnahkan dengan cara dilindas alat berat, terompet dibakar, dan minuman dengan kemasan botol dihancurkan.

Dalam sambutannya, Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK menyebutkan, barang bukti tersebut sebagai upaya polisi dalam memberantas penyakit masyarakat dan meminimalisir tindak kriminal dalam rangka menjaga agar Sumbawa tetap kondusif. “Ini tindakan cipta kondisi untuk mengantisipasi gejolak yang terjadi di tengah masyarakat,” katanya.

Baca Juga  Wakapolda NTB Perintah Anggota Tembak Pengacau Pemilu

Bakar BBMisalnya minuman keras yang dianggap sebagai pemicu perkelahian dan keributan disasar ke sejumlah penjual, termasuk upaya penyelundupan miras dari luar daerah. Pelakunya sudah diproses dengan tindak pidana ringan (Tipiring) mengacu pada peraturan daerah (Perda). Kemudian terompet berjilid Al Qur’an yang sebelumnya beredar di daerah lain, ternyata ada di Sumbawa. Hanya dalam hitungan jam, pihaknya menyita 1.120 terompet dari pembuat dan penjualnya. Demikian dengan knalpot racing yang membuat bising. Ini dilakukan pada malam Tahun Baru. Sebab sejumlah anak-anak muda sengaja memasang knalpot itu untuk membuat semarak malam pergantian tahun tersebut. Meski tujuannya untuk meramaikan tapi kegiatannya salah karena meresahkan masyarakata terutama para pengguna jalan. Selanjutnya barang bukti bom ikan, ungkap Kapolres, merupakan hasil operasi Satuan Polair di perairan Sumbawa menyusul maraknya aksi pengeboman ikan. Bom ikan yang dikemas dalam botol dan dilengkapi detonator ini memiliki daya ledak tinggi. Bayangkan satu botol saja bisa menghancurkan satu gedung.

Bakar BB 3Di bagian lain Kapolres Muhammad juga mengingatkan masyarakat Sumbawa untuk tetap menjaga Kamtibmas menjelang HUT Sumbawa. Sebab beberapa peristiwa kelam sebelumnya terjadi bertepatan dengan HUT Sumbawa. Isu-isu menyesatkan kembali muncul menjelang HUT yang akan diperingati beberapa hari lagi. Bahkan beberapa kasus ‘besar’ sudah terjadi dan dapat diantisipasi. Karenanya Ia berharap masyarakat tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan sehingga mengambil tindakan sendiri yang justru berisiko hukum. “Jika ada informasi segera dikomunikasikan agar kami dapat mengambil tindakan. Jangan main hakim sendiri. Dan kepada media massa kami minta untuk dapat menyebarkan berita-berita positif dan menyejukkan, serta tidak mengembangkan informasi yang justru menimbulkan inkondusifitas daerah,” demikian Kapolres. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.