Dukung AUYS, Dinas Pariwisata Tata Dalam Loka

oleh -68 Dilihat

Kunjungi Hotel untuk Siap Sambut Peserta

SUMBAWA BESAR, SR (16/01/2016)

Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sumbawa telah memerintahkan Kabid Kebudayaan dan Kabid Pariwisata untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dapat mendukung Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dalam menyukseskan ASEAN University Youth Summit (AUYS) 2016. Bersama Lembaga Adat Tana Samawa (LATS), dinas tersebut melakukan penataan Istana Dalam Loka yang akan menjadi pusat penyambutan kedatangan ratusan peserta konferensi mahasiswa se ASEAN ini. Selain itu menyiapkan pentas budaya sebagai upaya mempromosikan sebagian adat dan budaya Samawa. Demikian dengan sejumlah hotel yang dijadikan tempat menginap para tamu, dinas tersebut memastikan kesiapannya. “Ini salah satu bentuk dukungan yang kami berikan, karena kegiatan ini bukan hanya menyangkut UTS semata tapi citra Sumbawa secara keseluruhan,” kata Kepala Disporabudpar Sumbawa, H Amri S.Sos M.Si, kemarin.

Baca Juga  Petinang Cerdas Bersensor, Hanya Lambaikan Tangan Air Keluar

Memang diakui Haji Amri—akrab Ia disapa, keberadaan para tamu ini sangat singkat sehingga panitia hanya bisa menyiapkan wisata budaya. Ini sangat disayangkan mengingat Sumbawa memiliki destinasi wisata alam dan bahari yang cukup potensial dan patut dikunjungi. “Meski tidak sempat dikunjungi kami akan memanfaatkan momen konferensi itu untuk memperkenalkan destinasi yang kita miliki. Minimal mereka mengetahui dan kemudian memiliki keinginan untuk kembali lagi ke sini,” ujar Haji Amri.

Diakui Haji Amri, banyak manfaat yang diperoleh daerah dan masyarakat dengan adanya kegiatan internasional ini. Salah satunya pasti ekonomi akan bergerak dan bergeliat, sebab menurut rencana sekitar 300—400 orang dari beberapa negara menjadi peserta kegiatan dimaksud. Satu orang saja belanja Rp 500 ribu dikalikan ratusan orang sudah berapa rupiah yang berputar.

Baca Juga  SMA 1 Badas dan SMA 1 Rhee Mulai Dibangun Tahun 2015

Dalam hal ini Disperindag harus berperan. Banyak produk lokal yang sudah tembus pasaran nasional yang musti dijajakan, seperti Kopi Luwak Tepal, permen susu, susu kuda liar, madu dan lainnya. Disperindag harus mendorong pelaku-pelaku usaha yang selama ini kerap diboyong mengikuti pameran berskala nasional untuk memanfaatkan momen tersebut dalam memasarkan produknya. Ia juga berharap masyarakat Sumbawa ikut memberikan dukungannya dengan menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah sehingga para tamu merasa nyaman dan menikmati kegiatan yang dilaksanakan maupun potensi yang dimiliki daerah ini. (JEN/SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *