Ida dan Faisal Bersaing Rebut Ketua Komisi IV

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (15/01/2016)

Ketua Komisi IV DPRD Sumbawa yang sebelumnya dijabat Chandra Wijaya Rayes ST (Jaya) dari Fraksi Nasdem, dalam kondisi lowong. Hal ini menyusul pengunduran diri sebagai anggota DPRD Sumbawa terkait keikutsertaannya sebagai calon Wakil Bupati Sumbawa pada Pilkada lalu. Jaya telah resmi digantikan Bunardi—kader Nasdem yang suaranya berada di nomor urut dua wilayah Dapil IV Sumbawa melalui Rapat Paripurna DPRD Sumbawa dengan agenda Pergantian Antar Waktu (PAW), Kamis (14/1) kemarin.

Sejumlah fraksi sudah mulai ancang-ancang untuk mendorong kadernya merebut jabatan Ketua Komisi IV tersebut. Beberapa nama menguat yaitu Ida Rahayu BA dari Fraksi PAN, Faisal SAP dan Andi Rusni SE dari Fraksi Gerindra. Gerilya politik sudah mulai dijalankan dua partai ini dengan cara lobi-lobi politik ke sejumlah fraksi yang memiliki perwakilan di komisi yang menangani masalah pendidikan dan kesehatan ini.

Ada 11 suara yang akan direbut terdiri dari PAN 2, PPP 1, Demokrat 1, Golkar 1, PBB 1, Gerindra 2, PDIP 1, Hanura 1, dan Nasdem 1 suara. Dari peta kekuatan, PAN sepertinya lebih berpeluang mendapat jabatan tersebut. PAN sudah mendekati PPP, Demokrat, PDIP, Hanura dan Nasdem yang artinya telah mengoleksi 7 suara. Sedangkan Gerindra akan berkoalisi dengan PBB, dan Golkar yang hanya mengoleksi 4 suara. Apalagi dua kader Gerindra ngotot bersaing di bursa ketua Komisi IV ini. Dari informasi yang diperoleh DPC Gerindra Sumbawa lebih condong mendukung Faisal daripada Andis. Indikasinya, pada sidang paripurna PAW anggota DPRD kemarin, Ketua DPRD Lalu Budi Suryata membaca surat usulan dari Fraksi Gerindra No. 002/F-Gerindra/SBW/I/2016 tertanggal 11 Januari 2016, prihal Pergantian Anggota Komisi. Dalam surat tersebut, Fraksi Partai Gerindra melakukan pergeseran anggota Ir H Syamsul Nurdin dari anggota Komisi IV pindah ke Komisi III, dan Muhammad Faisal SAP dari anggota komisi III pindah ke Komisi IV.

Baca Juga  Komisi I Minta Pengadaan Seragam Sekolah Gratis Dipercepat

Sekretaris Gerindra Sumbawa, Hilal Alamudy S.IP M.Si yang dikonfirmasi SAMAWAREA, enggan berkomentar soal siapa yang didukung Gerindra pada perebutan jabatan Ketua Komisi IV. “No coment,” ucapnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD