Anggaran Minim, Situs Cagar Budaya Kurang Terpelihara

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (13/01/2016)

Tercatat sebanyak 43 cagar budaya di Kabupaten Sumbawa. Ini merupakan aset peninggalan budaya yang harus dipelihara dan bisa menjadi bagian dari destinasi wisata. Namun kondisi cagar budaya ini tidak terpelihara secara optimal. Hal tersebut disebabkan minimnya anggaran pemeliharaan dari pemerintah.

Kepala Disporabudpar Kabupaten Sumbawa melalui Kasi Pengelolaan Kekayaan, dan Keragaman Budaya, Nengah Suwita, Rabu (13/1) mengakui kondisi terkini cagar budaya tersebut. Pihaknya tidak dapat berbuat banyak karena memang anggaran pemeliharaan situs-situs bersejarah ini masih sangat minim. Untuk menyiasatinya, pihaknya mengusulkan anggaran pemeliharaan secara bertahap, seperti situs makam di Desa Dalam Kecamatan Alas yang rencananya akan dipagar Tahun 2016 ini. Selain itu sejumlah situs akan kembali didata untuk diajukan ke pemerintah pusat melalui kementerian terkait agar ada alokasi anggaran bagi pemeliharaannya. Selama ini pihaknya hanya menganggarkan honor untuk juru pelihara. Sementara untuk fisik dan pengadaan alat sampai saat ini belum bisa direalisasikan.

Untuk diketahui, sebanyak 43 cagar budaya yang sudah diidentifikasi. Situs-situs tersebut berupa sarkofagus, bangunan, dan makam. Sementara tenaga pemeliharaan (juru pelihara) sebanyak 23 orang terdiri dari 16 orang honor daerah, dan 7 PNS pengangkatan pusat. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Selidik SPPD Fiktif, Semua Anggota Fraksi Gerindra Diperiksa Polisi

No More Posts Available.

No more pages to load.