Pejabat, TNI dan Petani Gelar Gerakan Tanam Padi Serentak

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (07/01/2016)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama TNI dan para petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) “Cari Untung” melakukan penanaman padi di lokasi persawahan Desa Kerato, Kecamatan Unter Iwis, Kamis (7/1). Kegiatan tersebut sebagai implementasi dari Gerakan Tanam Serentak yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo. Kegiatan ini dihadiri langsung Direktur Serelia Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Dr Ir Nandang Sunandar, Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Perekonomian Pembangunan Drs H Muhammading, Dandim 1607 Letkol Inf Agus Supriyadi, Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad SIK, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Sumbawa Ir Talifuddin M.Si, Kepala BP4K Ir Sigit Wratsongko, Camat dan Danramil, jajaran Babinsa se Kabupaten Sumbawa, dan masyarakat setempat. “Tanam Serentak yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya untuk mengejar target luas tanam dalam mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan Presiden,” ujar Kadis Pertanian Ir Talifuddin M.Si dalam laporannya. Selain itu, Talif—sapaan akrab pejabat berprestasi ini juga menyampaikan bahwa luas baku lahan sawah 56.191 Ha dengan realisasi mencapai 98.000 Ha, sedangkan pemerintah pusat menargetkan 113.000 Ha. Upaya untuk mencapai target yang diberikan pemerintah pusat masih terbuka lebar karena luas baku lahan bukan sawah 114.566 Ha. Karenanya bantuan dan sumber pendanaan masih sangat dibutuhkan.

Ditambahkan Talif, Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu Kabupaten yang masuk dalam peringkat 10 besar nasional sebagai Kabupaten Pangan sehingga dilibatkan langsung dalam mendukung program ini. Untuk itu, dibutuhkan peran seluruh pemangku kepentingan dalam menyukseskannya. Dalam menyukseskan swasembada pangan di Kabupaten Sumbawa pihaknya melibatkan seluruh PPL. Ia pun meminta PPL untuk meningkatkan pengawasan dan pendampingan dalam memberikan solusi dan pemecahan masalah yang dirasakan para petani.

Baca Juga  Bupati KS dan KSB Ajak Gubernur Bertemu Nirwan Bakrie

Sementara Direktur Serelia Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Nandang Sunandar dalam arahannya meminta Kabupaten Sumbawa harus bergerak aktif karena merupakan salah satu Kabupaten pendukung program ini. Untuk menyukseskan Gerakan Tanam Serentak tersebut kuncinya adalah harus tetap bekerjasama, agar target luas tanam dapat terpenuhi guna mewujudkan target produksi yang direncanakan Menteri Pertanian. “Kepada Dandim 1607 serta jajaran Babinsa untuk mengawal keberadaan dan distribusi pupuk kepada petani,” pintanya.

Di akhir kegiatan, Direktur Serelia Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI Dr  Ir Nandang Sunandar, memberikan praktek langsung kepada para petani cara tanam menggunakan sistem tanam jajar legowo, agar proses tanam menjadi lebih cepat. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.