IISWARA dan PKK Latih UMKM Cara Mengemas Makanan

oleh -9 views
Ibu-ibu IISWARA foto bersama Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa dan ketua organisasi wanita

SUMBAWA BESAR, SR (06/01/2016)

Puluhan pelaku UMKM mengikuti pelatihan dan keterampilan. Kegiatan yang digelar di  Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sumbawa bersama Ikatan Istri Wakil Rakyat (IISWARA) DPRD Sumbawa dipusatkan di Sekretariat TP PKK Kantor Bupati setempat, belum lama ini. Fokus pelatihan itu adalah membuat kemasan untuk setiap makanan yang akan dipasarkan. Untuk memaksimalkan pelatihan, pelaksana menggandeng Diskoperindag Sumbawa.

Pengurus TP PKK Kabupaten Sumbawa, Dra Hj Masdalifah Arasy Muhkan yang membuka secara resmi kegiatan itu berharap pelatihan ini diikuti dengan serius oleh para peserta karena memiliki manfaat yang cukup besar salah satu mendukung perekonomian keluarga, di samping meningkatkan geliat usaha para pelaku UMKM. “Dengan memiliki keterampilan mengemas makanan, membuat produk yang dihasilkan dari industry rumah tangga akan mampu bersaing di pasaran. Sebab makanan sederhana dengan kemasan yang bagus dan menarik serta higienis akan meningkatkan nilai jual,” kata Hj Ipa—sapaan akrabnya.

Sementara itu Pengurus IISWARA DPRD Sumbawa, Ny Elly Karmeli SE ME, menambahkan bahwa pelatihan mengemas makanan ini merupakan rangakaian Peringatan Hari Ibu yang puncaknya telah dilaksanakan 31 Desember 2015 lalu. Kebetulan tahun 2015 kemarin, IISWARA diberikan kepercayaan sebagai panitia pelaksana kegiatan. Ia berharap pelatihan sehari itu bisa bermanfaat bagi para pelaku UMKM sehingga setiap kemasan dari makanan yang dipasarkan memiliki tampilan menarik termasuk aman untuk dikonsumsi. “Bahan sederhana kalau dikemas dengan bagus tentu akan punya nilai tingggi. Makanya selain rasa, tampilan juga sangat penting,” kata Ny Elly—sapaan akrab istri dari Kamaluddin ST M.Si Pimpinan DPRD Sumbawa.

Baca Juga  Kades Sepayung Cairkan BLT-DD Tahap II, Diterima 160 KK

Untuk diketahui, IIISWARA sudah menggelar sejumlah kegiatan dalam menyemarakkan Hari Ibu ke-78 di antaranya penanaman pohon di Taman Kerato, senam massal dilanjutkan gerakan Jalan Santai, berbagai lomba, anjangsana ke Panti Asuhan Muhammadiyah, Sosialisasi PUP, Deteksi Dini Kanker Mulut Rahim dan Narkoba. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD