Buka Tak Berizin, Alfamart Ditutup Paksa

oleh -90 views

SUMBAWA BESAR, SR (05/01/2016)

Alfamart yang berlokasi di Jalan Garuda depan SMA Negeri 2 Sumbawa, ditutup paksa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Selasa (5/1). Langkah tegas ini dilakukan karena gerai jejaring tersebut tidak mengantongi Izin Usaha Toko Swalayan (IUTS) dari Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT). Alfarmart tersebut sudah dibuka dua hari yang lalu dan telah memberikan pelayanan.

Wirawan S.Si MT, Kepala KPPT Sumbawa
Wirawan S.Si MT, Kepala KPPT Sumbawa

Kepala KPPT Kabupaten Sumbawa, Wirawan S.Si MT yang dikonfirmasi SAMAWAREA, menyatakan tindakan itu terpaksa dilakukan karena Alfamart tidak mengikuti prosedur yang telah ditetapkan pemerintah. Alfamart dapat beroperasi ketika sudah mengantongi IUTS. Untuk mendapatkan IUTS, Alfamart harus memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin HO dan rekomendasi dari Disperindag tentang dampak analisis sosial ekonomi. Selama ini diakui Wirawan, Pemda tidak pernah mempersulit dalam penerbitan ijin. Ketika persyaratannya lengkap hari itu juga langsung diproses dan ditandatanganinya selaku Kepala KPPT. Pejabat enerjik ini merasa tidak nyaman dengan tindakan Alfamart beberapa waktu belakangan ini yang beberapa gerainya dibuka padahal belum mengantongi ijin salah satunya di Kecamatan Utan. Pihaknya sudah langsung melakukan teguran dan ditaati sehingga Alfamart di kecamatan tersebut mengurus IUTS. Namun kembali terulang sehingga KPPT berkoordinasi dengan Satpol PP untuk mengambil tindakan tegas. “Pemerintah harus tegas untuk menjalankan tugas dalam menegakkan aturan sekaligus persuasif untuk menyelesaikan perijinan,” tandasnya.

Baca Juga  Dikes Sumbawa Bantah Ada Penyakit Aneh di Langam
karyawan Alfamart mengemasi barang setelah Pol PP menutupnya
pasca penutupan, karyawan Alfamart mengemasi barang

Sementara itu salah seorang karyawan Alfamart yang ditemui usai penutupan, enggan memberikan komentar lebih banyak. Ia meminta wartawan untuk menghubungi manajemen di Mataram. Namun dia mengaku baru buka dua hari yang lalu. Mengenai penutupan paksa yang dilakukan pemerintah, dia tidak mengetahui apa alasannya. “Kalau disuruh buka kami buka, kalau disuruh tutup ya kami tutup,” pungkasnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.