Polres Sumbawa Berubah Menjadi Bengkel Motor Dadakan

oleh -29 views

SUMBAWA BESAR, SR (03/01/2016)

Dalam beberapa hari ini, Lapangan Apel Polres Sumbawa berubah menjadi bengkel motor dadakan. Sebab puluhan orang terlihat membongkar sepeda motor hasil sitaan polisi yang terjaring melalui Operasi Lilin dan Cipta Kondisi dalam rangka menyambut Tahun Baru 2016 yang lalu. Dalam operasi itu, sebanyak 183 sepeda motor berknalpot racing dikandangkan. Kendaraan itu baru dapat diambil setelah pemiliknya mengganti knalpot penyebab bising tersebut dengan knalpot standar dan melengkapi kelengkapan tekhnis lainnya agar tidak lagi dalam kondisi protolan. Tak hanya itu, pemilik kendaraan harus bisa menunjukkan surat-surat kendaraan serta membuat surat pernyataan. Meski telah memenuhi persyaratan ini, pemilik kendaraan belum bisa beranjak sebelum memusnahkan sendiri knalpot racing miliknya di hadapan polisi dengan cara dipalu-godam.

Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK mengatakan, diamankannya ratusan sepeda motor berknalpot racing ini untuk meminimalisir kebisingan di malam tahun baru. Biasanya pada malam tersebut, masyarakat merayakannya dengan cara euphoria bahkan berlebihan sehingga mengganggu arus lalulintas dan pengguna jalan lain serta Kamtibmas secara umum. Untuk menjaring kendaraan seperti ini, tim gabungan Satlantas dan Sabhara melakukan operasi system hunting. “Kami tidak melarang masyarakat merayakan malam tahun baru itu dengan euphoria, asalkan tertib di jalan,” ucap Kapolres.

Pemilik kendaraan memusnahkan sendiri knalpot racing miliknya.
Pemilik kendaraan memusnahkan sendiri knalpot racing miliknya.

Sejauh ini pihaknya belum mengecek lebih jauh kondisi kendaraan yang diamankan ini apakah ada di antaranya yang merupakan hasil kejahatan. Ini akan dicek ketika pemilik kendaraan tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan. “Kalau tidak bisa menunjukkan surat-surat, akan kami cek lebih jauh dan menyerahkannya kepada penyidik reserse dan criminal untuk dicek nomor mesin dan nomor rangkanya disingkronkan dengan laporan polisi yang masuk,” ujar Kapolres.

Baca Juga  Diserang Sekelompok Orang, Pelajar SMK Ditemukan Tewas di Kolong Jembatan

Operasi cipta kondisi ini tidak hanya sebatas tahun baru saja namun akan terus dilaksanakan guna mempertahankan terjaganya Kamtibmas dan terciptanya kondusifitas wilayah. Tentunya ini bukan tugas polisi semata, melainkan tanggung jawab bersama terutama masyarakat untuk memberikan dukungan dengan cara meningkatkan kesadaran hukum. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD