Kecelakaan Menurun, Pelanggaran Meningkat

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (03/01/2016)

Ternyata angka pelanggaran lalulintas tidak mesti berbanding lurus dengan angka kecelakaan di jalan raya. Meski diakui bahwa pelanggaran adalah embrio terjadinya kecelakaan. Berdasarkan data yang dirilis Polres Sumbawa dalam rangka refleksi akhir Tahun 2015, Sabtu (2/1) kemarin, terungkap angka kecelakaan lalulintas menurun, sedangkan pelanggaran tercatat meningkat signifikan.

Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK dalam keterangan persnya kepada SAMAWAREA menyebutkan, kecelakaan yang terjadi pada Tahun 2015 mencapai 193 kasus menyebabkan 48 orang meninggal dunia dan 148 luka berat, 179 luka ringan dan kerugian material hanya Rp 291 juta. Angka kecelakaan ini mengalami penurunan jika dibandingkan Tahun 2014 lalu yang mencapai 223 kasus dengan 57 orang meninggal dunia, 158 luka berat, 257 luka ringan dan kerugian material mencapai Rp 891 juta.

Angka kecelakaan ini tidak sejalan dengan angka pelanggaran lalulintas yang mengalami peningkatan. Untuk Tahun 2014 terjaring 7.809 pelanggaran dan telah ditindak tilang, meningkat jika dibandingkan Tahun 2015 yang mencapai 11.041 pelanggaran. Terjadinya peningkatan ini diakui Kapolres, karena intensifnya kegiatan operasi dan tindakan di lapangan. Seperti Operasi Patuh dan Zebra, di samping giat rutin yang ditingkatkan. Untuk meminimalisir pelanggaran ini, jajarannya menggelar operasi kemanusiaan di antaranya Operasi Lilin, Ketupat, dan Simpatik. Ke depan kegiatan yang bersifat preemtif maupun preventif akan dimaksimalkan guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan para pengendara kendaraan terhadap aturan berlalulintas. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Lahir 1 Juli Diberikan Sim C Gratis