Setahun, Sumbawa Barat Berangkatkan 855 TKI

oleh -4 views

TALIWANG, SR (30/12/2015)

Selama Tahun 2015, Kabupaten Sumbawa Barat tercatat telah memberangkatkan sebanyak 855 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) menuju negara tujuan Timur Tengah dan Asia Pasifik. Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Disosnakertrans) Sumbawa Barat, Abdul Hamid menyebutkan, pengiriman TKI dimulai sejak Januari hingga Desember 2015, terdiri dari laki-laki 2 orang dan 853 perempuan.  “Paling banyak ke negara timur tengah, seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman dan Bahrain,” kata Abdul Hamid di ruang kerjanya, Rabu (30/12).
Data Disosnakertrans Sumbawa Barat, total TKI yang diberangkatkan menuju timur tengah mencapai 551 Tenaga Kerja Wanita (TKW). Terbagi dalam dua tahap pengiriman yakni Januari-April untuk tenaga kerja non formal sebagai pembantu rumah tangga, dan Mei-Desember bagi tenaga kerja formal yang diberi pelatihan terintegrasi seperti koki, pelayan restoran dan cleaning servis. Untuk pengiriman ke negara Asia Pasifik seperti Taiwan, Hongkong, Malaysia dan Singapore, total TKI yang diberangkatkan 304 tenaga kerja. Jenis pekerjaannya beragam seperti pembantu rumah tangga, pelayan hotel hingga karyawan pabrik. “Sebelum diberangkatkan ke negara tujuan, seluruh TKI diberi pelatihan di Balai Latihan Kerja Surabaya dan Jakarta, selanjutnya diseleksi dan dijadwalkan pemberangkatan oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI),” jelas Abdul Hamid.

Untuk diketahui, terdapat 5 buah perusahaan penyalur tenaga kerja yang beroperasi di Kabupaten Sumbawa Barat. Selain itu terdapat 50 perusahaan sejenis yang beroperasi di Propinsi Nusa Teggara Barat (NTB) yang memungkinkan bisa merekrut calon TKI dari wilayah Sumbawa Barat. (AR/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Banyak Puskeswan Rusak, Sumbawa Minta Bantuan Pusat