Dilantik Januari, HUSNI-MO Mutasi Perdana Juli 2016

oleh -12 views
Husni-Mo

SUMBAWA BESAR, SR (30/12/2015)

Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa terpilih, HM Husni Djibril B.Sc—Drs H Mahmud Abdullah, tidak perlu menunggu waktu setahun untuk melaksanakan mutasi perdananya dalam rangka mendukung visi misinya. Sebab pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2016—2021 akan digelar dalam Bulan Januari 2016 ini. Sebelumnya sempat berkembang informasi jika pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih ini akan dilaksanakan Juni 2016. Dan dalam rentang waktu 6 bulan sejak berakhirnya masa pemerintahan JM—Arasy ini, Gubernur akan menunjuk penjabat Bupati sebagaimana yang berlaku di kabupaten/kota lainnya di NTB. Artinya bupati dan wakil bupati periode 2016—2021 baru bisa melaksanakan mutasi setahun kemudian, atau menunggu 6 bulan setelah dilantik.

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag
Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag yang dihubungi SAMAWAREA, Rabu (30/12) siang tadi, mengakui jika pelantikan bupati dan wakil bupati Sumbawa terpilih akan dilaksanakan Januari 2016. Informasi ini diperoleh dari KPU Provinsi NTB. Namun kapan tanggal pelantikannya masih belum ditetapkan. Untuk persiapan pelantikan ini, pihak DPRD Sumbawa akan segera berkonsultasi dengan Pemprov NTB mengenai mekanisme dan jadwal pelantikan.

Untuk diketahui, ungkap Syukri—sapaan akrab komisioner santun ini, UU No. 8 Tahun 2015 tentang Perubahan UU No. 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati/Wabup, Walikota/Wakil Walikota salah satu pasalnya menyebutkan bahwa pelantikan akan dilaksanakan serentak di ibukota propinsi. Kemudian pengesahan dan pengangkatan calon bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota dilakukan menteri dalam waktu paling lama 20 hari terhitung sejak berkas diterima secara lengkap. “Pengesahan calon terpilih dilakukan berdasarkan penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU kabupaten/kota yang disampaikan DPRD kabupaten/kota kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur,” jelasnya.

Baca Juga  102 PPS Wilayah Sumbawa Timur Dilantik
Wakil Ketua DPRD Sumbawa, H Ilham Mustami S.Ag
Wakil Ketua DPRD Sumbawa, H Ilham Mustami S.Ag

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Sumbawa, H Ilham Mustami S.Ag yang dikonfirmasi terpisah, mengatakan bahwa informasi pelantikan bupati dan wakil bupati Sumbawa terpilih pada Januari 2016 ini masih dianggap sebatas wacana karena dihembuskan media massa. Sebab hingga kini pihaknya belum menerima surat resmi dari pihak berwenang mengenai informasi tersebut. Keputusan sementara saat ini sesuai aturan dan informasi dari propinsi NTB bahwa pelantikan akan dilaskanakan Bulan Juni dan dilakukan serentak di propinsi. Terhadap informasi pelantikan Januari 2016 mendatang, pihaknya akan segera mengkonsultasikannya dengan pemerintah propinsi, tidak hanya memastikan jadwal tapi juga mekanismenya. “Masih belum ada kepastian, insya Allah minggu depan akan kami konsultasikan,” ujarnya. Kendati demikian, Kabupaten Sumbawa telah menganggarkan dana dan pengamanan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih. Karenanya kapanpun pelantikan dilaksanakan pihaknya sudah siap dan tidak ada persoalan. (JEN/SR)

iklan bapenda