UNSA Lahirkan 800 Sarjana Baru

oleh -29 views

SUMBAWA BESAR, SR (29/12/2015)

Universitas Samawa (UNSA) kembali melahirkan sarjana baru. Hal ini menyusul diwisudanya 800 mahasiswa angkatan ke 12, sekaligus merayakan Dies Natalis ke 17, di Auditorium Sribonyo, Selasa (29/12). Rektor UNSA, Prof Dr Ir Syaifuddin Iskandar yang memimpin prosesi wisuda tersebut menyebutkan, wisuda mahasiswa ini digelar bersamaan dengan Hari Ulang Tahun UNSA ke 17. Sebenarnya hari jadi ini dirayakan setiap tanggal 29 Desember berdasarkan tanggal keluarnya izin resmi UNSA pada 29 Desember 1998 lalu. Dalam perjalanannya tahun demi tahun UNSA terus mengalami perkembangan atau peningkatan yang cukup membanggakan baik dalam pengembangan fisik kampus, sarana dan prasarana, kualifikasi tenaga dosen, jumlah mahasiswa maupun prestasi akademik lainnya. Dari 5 Fakultas dan 14 Program Studi yang ada, jumlah mahasiswa hingga Tahun Akademik 2015 ini mencapai 4.717 orang. Jika ditotalkan dengan jumlah alumni telah mencapai 5.424 orang. Sementara dosen tetap 87 orang semuanya bergelar master atau doctor (S2/S3), dosen tidak tetap 24 orang. “Target Tahun 2017 untuk dosen yang masih S2 harus bersiap-siap menempuh S3 sehingga pada Tahun 2022 semua dosen tetap UNSA sudah bergelar doktor dan bahkan beberapa di antaranya Profesor,” ungkapnya.

Rektor UNSA, Prof Dr Syaifuddin Iskandar M.Pd
Rektor UNSA, Prof Dr Syaifuddin Iskandar M.Pd

Diakui Prof Ude—sapaan akrabnya, perkembangan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun mengalami peningkatan rata-rata 5-10%. Kondisi ini cukup membuat pengelola kewalahan, sementara daya tampung kampus yang ada sekarang ini terasa semakin sempit dan tidak mencukupi lagi. Menyadari kondisi tersebut, pengelola berupaya mengembangkan lahan kampus yang ada dengan membeli lahan kampus baru di wilayah Desa Jorok tepatnya Bukit Biling Monte seluas 30 hektar. Pengembangan dan pembangunan kampus baru UNSA ini lanjutnya, juga dihajatkan untuk persiapan UNSA menjadi Universitas Negeri di Pulau Sumbawa. Persiapan penegerian UNSA ini sudah dilakukan sejak Tahun 2010 sepulang dari studi banding ke UBB Bangka Belitung. Usul bahan penegerian UNSA pun telah diajukan ke Kemendikbud RI pada Tahun 2012 lalu, yang diterima langsung Dirjen Dikti dan Mendikbud.

Baca Juga  TK PGRI Jotang Lepas Belasan Muridnya ke Jenjang Sekolah Dasar

Wisuda UNSA 2015 2Hasil beberapa kali konsultasi dengan pihak Kemendikbud dan terakhir dengan Menristekdikti, diperoleh jawaban bahwa pada prinsipnya UNSA secara politis dan geografis “sudah layak” menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Seperti sejumlah PTS di beberapa daerah yang telah diresmikan menjadi PTN. Namun niat baik ini tiba-tiba terkendala dengan keluarnya peraturan Moratorium PTN dari Kemenristekdikti di awal Tahun 2015.

Terkait dengan upacara wisuda, Rektor menyampaikan dari jumlah 800 orang mahasiswa yang diwisuda, 96 orang lulus dengan predikat Coumlaude (pujian). Untuk yang lulusan terbaik 1 sampai 3 dari masing-masing Program Studi, akan diberikan bonus oleh bank sponsor. “Kepada semua wisudawan beserta seluruh keluarga dan pendamping, saya ucapkan selamat atas keberhasilan yang telah dicapai. Semoga dapat berkiprah dan mengamalkan ilmu sesuai dengan keahlian masing-masing. Semoga dapat berkarya lebih baik dari keadaan sebelum menjadi sarjana,” ucapnya.

Di akhir sambutannya, Prof Ude berpesan para alumni UNSA menjaga nama baik almamater, memelihara sikap dan perilaku yang “sarjana dan sujana”, menghindari perbuatan-perbuatan tercela yang bisa merusak citra diri maupun almamater secara keseluruhan. “Gunakan ilmu untuk kepentingan kemaslahatan dan kemajuan bangsa, jadilah “agent of change” di mana saudara berada, supaya ilmu dan kesarjanaan saudara itu memiliki arti bagi lingkungan masyarakat dan pembangunan bangsa,” pungkasnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.