Polisi Pengedar Narkoba Bakal Dipecat

oleh -11 views

SUMBAWA BESAR, SR (28/12/2015)

Brigadir SD benar-benar apes. Setelah divonis 6 tahun penjara atas kasus narkoba, kini oknum anggota Polres Sumbawa tersebut terancam dipecat. Pasalnya, Selasa (29/12) besok, Brigadir SD akan diajukan pada sidang kode etik yang bakal merekomendasikan untuk di PTDH (Pemberhentian Tidak Dengan Hormat) sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Sidang kode etik ini akan dilaksanakan di Polres Dompu, mengingat SD menjalani masa kurungan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Dompu. Karenanya tim yang dipimpin Wakapolres Kompol Yuyan Priatmaja SIK bertolak ke Dompu, Senin (28/12) sore tadi.

Kapolres Sumbawa, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammad SIK yang dikonfirmasi SAMAWAREA di ruang kerjanya, mengakui hal itu. Sidang kode etik ini dilaksanakan setelah ada putusan hukum yang bersifat inkrach dari Pengadilan Negeri Sumbawa Besar. Sebelumnya Brigadir SD terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana narkotika dan menjadi pengedar narkoba sehingga divonis 6 tahun penjara. Atas putusan ini, Brigadir SD langsung menerima atau tidak melakukan upaya banding. Selanjutnya dalam menjalani masa hukuman, Brigadir SD dititipkan ke Lapas Dompu. Putusan ini juga menjadi dasar Polres Sumbawa untuk menggelar sidang kode etik terhadap yang bersangkutan. Tim Komite Kode Etik Profesi Polres Sumbawa yang dipimpin Wakapolres sudah beranjak ke Dompu untuk menggelar sidang dimaksud. “Kami sudah berkoordinasi dengan Kapolres Dompu untuk meminjam tempat dilakukan sidang kode etik,” aku Kapolres. Mengenai rekomendasi apa yang dihasilkan, tergantung hasil sidang etik yang digelar Selasa (29/12) besok. “Semua tergantung Tim Komite Kode Etik yang menyidangkan terperiksa, kami tidak bisa mengintervensi,” ucap Kapolres.

Baca Juga  Usai Makamkan Jenazah Covid, Anggota Pol PP Sumbawa Meninggal Kecelakaan

Lebih jauh dijelaskan Kapolres, untuk merekomendasikan PTDH, tidak tergantung besarnya putusan pidana yang diterima oknum anggota. Tindak pidana tiga bulan saja oknum polisi bisa direkomendasikan PTDH, apalagi divonis bertahun-tahun. Hal tersebut sesuai peraturan disiplin tentang pemberhentian anggota Polri. Terkait narkoba, pihaknya akan bersikap tegas dan tak mengenal kompromi dengan anggota yang terlibat. Tentunya tindakan tegas dan berat akan diberikan yakni pemecatan. (JEN/SR)

CAPTIONTim Komite Kode Etik Siap Bertolak ke Dompu

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.