Pemda Hibahkan Tanah, Kejari KSB Siap Dibangun

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (20/12/2015)

Penanganan kasus di wilayah hukum Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) oleh pihak Kejaksaan Negeri Sumbawa dirasakan belum optimal. Hal ini disebabkan karena jauhnya jarak dan jangkauan di samping personil yang terbatas menangani persoalan di dua wilayah yaitu Sumbawa dan KSB. Karenanya Kajari Sumbawa, Sugeng Hariadi SH MH yang resmi mengemban tugas barunya sebagai Kajari Klaten Jawa Tengah, telah berhasil mengupayakan lahan di KSB untuk pembangunan Kajari Sumbawa Barat. dengan komunikasi intensif yang terjalin selama ini, Pemda KSB telah menghibahkan sebidang tanah. “Sudah ada lahan yang dihibahkan Pemda KSB, tinggal ditandatangani saja oleh Kajari yang baru. Ini upaya kami untuk memperjuangkan agar ada kejaksaan negeri di KSB,” kata Kajari Sumbawa (lama) Sugeng Hariadi SH MH pada acara pisah kenal yang digelar di Halaman Kantor Kejari Sumbawa, Sabtu (19/12) malam. Ia berharap perjuangan ini dapat dilanjutkan Kajari Sumbawa yang baru sehingga penegakan hukum di KSB lebih efektif dan optimal. Namun sejumlah kasus korupsi yang terjadi di KSB telah ditangani dengan baik, meski ada beberapa pihak yang merasa belum puas karena memang itulah keterbatasan dan ketidaksempurnaan jajarannya. “Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian Pemda KSB atas ketersediaan lahan untuk pembangunan kantor Kejari KSB. Ini adalah salah satu solusi dalam upaya menciptakan daerah yang bersih dan bebas korupsi,” ucapnya.

Baca Juga  DPRD Lombok Timur Belajar ke Sumbawa Cara Pencegahan Penyebaran Covid

Di tempat yang sama, Kajari Sumbawa (baru), Paryono SH MH mengakui jika keterbatasan personil dengan luas wilayah yang ditangani menjadi persoalan dan membuat kinerja tidak optimal. Dengan keberadaan Kejari KSB nantinya, akan lebih memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan hukum, di samping lebih optimalnya jajaran penegak hukum tersebut untuk melaksanakan tugas yang lebih mengedepankan pencegahan daripada penindakan. Ia berharap keberadaan Kejari KSB dapat terwujud di saat kepemimpinannya nanti. “Semoga kebersamaan dapat terus terjalin dan semua pihak dapat terus memberikan dukungan,” tandasnya.

Penjabat Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H Abdul Hakim mengakui telah menghibahkan dua bidang tanah yang disiapkan untuk pembangunan Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Sumbawa Barat, sehingga kesenjangan dan jauhnya jarak antara Sumbawa dan Sumbawa Barat dalam penanganan hukum dapat teratasi. “Letak lahan yang dihibahkan ini tidak jauh dari Porles KSB dan berada di jalur utama,” kata Abdul Hakim. Ia berharap kerjasama antar institusi ini dapat dilanjutkan dalam rangka menjadikan daerah “Bumi Pariri Lema Bariri” menjadi lebih baik. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD