Rapat Pleno KPU Sumbawa, HUSNI MO Raih Suara Terbanyak

oleh -93 views

SUMBAWA BESAR, SR (16/12/2015)

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, HM Husni Jibril—Drs H Mahmud Abdullah, unggul dari dua pasangan lainnya dalam perolehan suara pada Pilkada Sumbawa. Pasangan bernomor urut tiga yang dikenal dengan sebutan HUSNI-MO ini meraih 117.458 suara, disusul pasangan H Asaat Abdullah ST—Chandra Wijaya Rayes ST (SAAT JAYA) 86.359 suara, dan pasangan Jack Morsa H Abdullah S.Adm—H Irwan Rahadi ST (JIWA) dengan raihan 41.602 suara. HUSNI MO menang di 22 kecamatan, sisanya dua kecamatan yaitu Empang dan Tarano direbut pasangan SAAT JAYA. Raihan kemenangan HUSNI MO ini terungkap pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara tingkat Kabupaten yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa di Hotel Sernu Raya, Rabu (16/12). Hadir dalam rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Syukri Rahmat S.Ag di antaranya Calon Bupati H Muhammad Husni Jibril B.Sc, dan Jack Morsa S.Adm, Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad SIK, Ketua Panwas kabupaten, Mahyuddin Soud S.Pd, perwakilan FKPD dan SKPD, serta 24 PPK. “Alhamdulillah kami telah menggelar rapat pleno terbuka dalam keadaan aman dan lancar,” ucap Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag kepada SAMAWAREA.

Rapat Pleno KPU RekapMeski diakui Syukri, dalam rapat pleno ada masukan dan koreksi dari Panwas terkait dengan kekeliruan menulis pemilih disabilitas di Kecamatan Moyo Utara dan Kecamatan Buer, namun itu bukan hal yang mendasar. Selain itu koreksi tersebut tidak ada yang berbeda dengan perolehan suara masing-masing pasangan calon. “Koreksi itu adalah sesuatu yang biasa dan bagian dari dinamika pleno,” kata Syukri.

Baca Juga  Anggota DPRD Malang Tertangkap Massal, Presiden: Tak Mudah Bangun Kepercayaan Masyarakat

Yang patut disyukuri seluruh hasil rekapitulasi tingkat kabupaten ini telah diterima oleh pasangan calon melalui saksi yang hadir termasuk dua calon bupati yang hadir. Agenda selanjutnya, KPU akan menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa terpilih, 21 Desember mendatang. Penetapan ini berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten. Otomatis pasangan calon yang meraih suara terbanyak yang akan ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih.

Di bagian lain komisioner ramah ini memuji sikap para calon lain terhadap hasil Pilkada yang telah berlangsung dengan sangat kondusif. Seperti statemen Calon Bupati dan Wakil Bupati H Asaat Abdullah ST—Chandra Wijaya Rayes yang sangat arif dan bijak serta menyejukkan. Demikian dengan calon bupati Jack Morsa yang pada kesempatan pertama telah memberikan ucapan selamat kepada peraih suara terbanyak. Karenanya Ia menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang luar biasa kepada para calon tersebut. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh penyelenggara baik tingkat KPPS, PPS dan PPK, tim dan simpatisan pasangan calon, seluruh masyarakat yang telah memberikan hak pilihnya. Demikian dengan aparat keamanan, pemerintah daerah dan insan pers yang memiliki andil yang besar dalam menyukseskan pesta demokrasi tersebut. “Akhirnya Pilkada ‘maras’ di Sumbawa ini betul-betul terwujud dengan dinamika yang luar biasa. Mari kita jaga kondisi ini dan jaga Sumbawa agar tetap senap semu nyaman nyawe mura era,” demikian Syukri. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD