Ternyata Tersangka Kasus Bank NTB Sudah Ditetapkan

oleh -8 views

SUMBAWA BESAR, SR (15/12/2015)

Ternyata tersangka kasus dugaan penyimpangan proses pemberian Kredit Mitra Wirausaha (KMWU) di PT Bank NTB Cabang Sumbawa, sudah lama ditetapkan. Penetapan tersangka ini sudah dilakukan Penyidik Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sumbawa sejak Juli 2015. Artinya sudah 5 bulan yang lalu. Hal ini diungkapkan Kajari Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus), Iwan Kurniawan SH MH kepada SAMAWAREA, Selasa (15/12).

Penetapan tersangka tersebut kata Iwan—sapaan akrab jaksa ramah ini, diketahui dari Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang dikirim penyidik kepolisian dan diterima Bulan Juli lalu. Dalam SPDP ini disebutkan ada tiga orang tersangka berinisial HM, HMA dan SN. “Untuk sementara kami masih menerima SPDP, sedangkan berkas perkaranya belum,” aku Iwan.

Seperti diberitakan, BPKP telah menyerahkan laporan hasil audit investigasi kasus tersebut. Dalam laporan yang ditandatangani Kepala Perwakilan BPKP NTB Dr Bonardo Hutauruk, Ak MM beserta Tim Audit yaitu Ngatno SE (Koordinator JFA bidang Investigasi), F Hary Pitrajuwanto Ak (Pengendali Teknis), Chusnul Faizah (Ketua Tim) dan Rinda Purdriyah Kurniadi (Anggota Tim) menyebutkan kerugian negara mencapai Rp 2.388.963.150 (Rp 2,38 M). Saat ini Tim Penyidik Tipikor Polres Sumbawa sedang berada di Mataram karena untuk beberapa hari ke depan, melakukan pemeriksaan saksi ahli dari BPKP Perwakilan NTB maupun ahli pidana dari Universitas Mataram (UNRAM). Kasus kredit bermasalah Bank NTB Tahun 2007 ini mulai ditangani polisi awal 2015. Bermula dari pemberian kredit kepada 151 karyawan PTNNT senilai total Rp 7,5 M atau berkisar Rp 50 juta per orang. Namun dalam pencairan kredit disinyalir tidak sesuai prosedur yaitu dilakukan secara langsung tanpa ada pengecekan lapangan dan jaminan dari kreditur. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Pesta Narkoba dan Judi di Labangka Digrebeg Polisi