Sumbawa Terima Anugerah Daerah Berprestasi DID dari Presiden Jokowi

oleh -0 views

JAKARTA, SR (14/12/2015)

Satu lagi prestasi prestisius diterima Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik. Bertempat di Istana Negara Jakarta, prestasi membanggakan ini diserahkan langsung Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo selaku pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan Negara, Senin (14 Desember 2015). Adalah Anugerah Daerah Berprestasi Penerima Dana Insentif Daerah (DID) Tahun 2016 atas kinerja kesehatan fiscal dan pengelolaan keuangan daerah, kinerja pelayanan dasar publik serta kinerja ekonomi dan kesejahteraan. Penganugrahan itu merupakan rangkaian dari penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2016 kepada Menteri/Pimpinan Lembaga sebagai pengguna anggaran dan para Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah.  Penyerahan DIPA Tahun 2016 ini merupakan awal dari rangkaian proses pelaksanaan APBN Tahun 2016 yang telah disepakati oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama Pemerintah pada akhir Bulan Oktober lalu, dengan maksud agar proses pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran dapat berlangsung lebih cepat, lebih merata dan memberikan dampak multiplier yang lebih besar kepada kegiatan perekonomian.

Anugerah DID 1Liputan langsung koresponden SAMAWAREA di Istana Negara melaporkan, bahwa penerima penganugerahan DID ini adalah 66 Daerah Berprestasi Penerima Dana Insentif Daerah Tahun 2016 yaitu 7 Provinsi, 48 Kabupaten dan 11 Kota. Daerah penerima penganugerahan didasarkan pada criteria yaitu LKPD TA 2014 minimal memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian dengan Paragraf Penjelasan (WTP-PP) dari BPK. Kemudian menetapkan Perda APBD TA 2015 tepat waktu, dan Memenuhi batas minimum nilai kinerja yang ditetapkan dalam penghitungan alokasi Dana Insentif Daerah Tahun Anggaran 2016. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan DID merupakan wujud injeksi atau stimulus dari pemerintah pusat kepada daerah-daerah yang mempunyai prestasi. Jokowi berharap daerah dapat mempercepat pembangunan dan diikuti oleh daerah-daerah lain.

Baca Juga  Ketertarikan Publik untuk Jarot-Mokhlis Melonjak

Ditempat yang sama Menkeu, Bambang PS Brojonegoro menyampaikan bahwa penganugerahan tersebut dapat dijadikan motivasi bagi setiap daerah untuk lebih meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerahnya, memperbaiki pelayanan dasar public serta memacu kinerja ekonomi dan kesejahteraan daerah. Dengan adanya penganugerahan ini, dapat meningkatkan kompetisi yang produktif dan sehat antar daerah untuk mempercepat pembangunan ekonomi daerah.

Presiden Jokowi memberikan arahan kepada semua kepala daerah
Presiden Jokowi memberikan arahan kepada semua kepala daerah

Bupati Sumbawa Drs. H. Jamaluddin Malik bersama beberapa kepala daerah lainnya menghadiri penganugerahan ini di Istana Negara Jakarta, yang diserahkan secara simbolis oleh Presiden Jokowi kepada 2 provinsi, 4 kabupaten, dan 1 kota yang diwakili oleh Pjs. Gubernur Sumatera Barat Reydonnyzar Moenek, Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh, Bupati Jombang Nyono Wihandoko, Bupati Kaur Hermen Malik, Bupati Lamandau Marukan, Bupati Jayapura Mathius Awaitouw, dan Walikota Kendari Asrun.

Bupati Sumbawa Drs. H. Jamaluddin Malik menyampaikan syukur kepada Allah SWT atas anugerah tersebut, dan menyampaikan terima kasih atas kinerja SKPD dan jajaran aparatur Pemda serta seluruh elemen masyarakat yang telah bersama-sama membangun Sumbawa yang semakin berdaya saing. Perolehan Opini WTP 3 tahun berturut-turut dari BPK RI selalu diikuti dengan reward yang sangat bermanfaat bagi stimulus fiscal daerah, perekonomian dan kesejahteraan rakyat. Bupati Sumbawa berharap agar anugerah ini dapat terus dipertahankan, menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja dan dapat ditingkatkan di masa mendatang demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sumbawa. (JEN/SR)

 

bankntb DPRD DPRD