JM: Kekalahan Bisa Menjadikan Orang Arif dan Bijak

oleh -2 views
Bupati, Drs H Jamaluddin Malik

JAKARTA, SR (14/12/2015)

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa telah berjalan aman dan damai. Masyarakat Sumbawa telah memberikan hak politik dengan memilih pemimpinnya untuk lima tahun ke depan. Secara tidak langsung masyarakat menyematkan harapan di pundak pemimpin tersebut untuk amanah, komit terhadap janjinya dan lebih baik dari kepemimpinan sebelumnya. Siapapun yang terpilih itulah takdir Ilahi yang patut disyukuri. “Siapa yang dipilih rakyat dan ditakdirkan Allah SWT, itulah pemimpin untuk semua masyarakat Sumbawa,” kata Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik yang diwawancarai khusus SAMAWAREA di Lobi Hotel Borobudur, Jakarta, kemarin.

JM—akrab Bupati disapa, berharap tidak ada pasangan calon (paslon) yang merasa menang dan kalah dalam Pilkada, karena kemenangan itu milik seluruh masyarakat Sumbawa. Ia tidak menampik jika muncul perasaan kemenangan dari dalam diri salah satu paslon yang kemudian merasa senang dan bangga. Namun kebanggaan dan rasa senang tersebut tidak diekspresikan dengan hal-hal yang berlebihan. “Syukurilah itu. Tidak hanya cukup dengan lisan tapi bagaimana dengan hal itu dia berjanji pada dirinya untuk melaksanakan komitmen-komitmen yang selama ini sudah dia kampanyekan kepada masyarakat. Mari kembali merajut kebersamaan yang sempat tercecer,” ajak JM mengingatkan.

Kemudian bagi yang tidak terpilih, harus bersikap tegar. Menurut JM, kebahagiaan dan kebanggaan karena sebuah kemenangan tidak mesti membuat orang menjadi arif dan bijak. Tapi yang membuat orang arif dan bijak adalah dengan kekalahan yang disadarinya sebagai takdir. Pasalnya manusia hanya bisa berencana dan berikhtiar, Allah SWT yang menentukan hasilnya meski harapan tidak sesuai dengan kenyataan. “Inilah takdir dan rahasia Allah yang harus diterima dengan sabar. Karena dengan kekalahan itu banyak pelajaran yang didapat dan bisa membuat kita menjadi arif dan bijak,” ucapnya, seraya menambahkan bahwa suka dan tidak suka hasil Pilkada adalah pilihan rakyat, dan pemimpin mendatang harus didukung agar Sumbawa menjadi jaya, hebat dan bermartabat.

Baca Juga  TGB Ajak Masyarakat Karang Taliwang—Monjok Kokohkan Persaudaraan

Di bagian lain, Bupati Sumbawa mengatakan bahwa Pilkada Sumbawa sudah berjalan tertib dan aman. Kondisi ini tidak tercipta dengan sendiri, melainkan adanya partisipasi semua pihak. Atas nama pimpinan daerah, JM menyampaikan penghargaan dan terima kasih terutama kepada masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan pesta demokrasi ini. Ucapan yang sama untuk para penyelenggara yaitu KPU, panwas, dan aparat keamanan. Diharapkan kebersamaan yang telah terjalin dan terjaga dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak ini menjadi kebersamaan yang terus mendorong semua pihak dalam memberikan sumbangsih terbaiknya bagi pembangunan di Kabupaten Sumbawa di masa mendatang sehingga pemerintahan selanjutnya lebih baik dari saat ini. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD