Calon Wakil Bupati Terpilih Jadi Tersangka Tipilu

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (14/12/2015)

Calon Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terpilih, FS resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pemilu (Tipilu) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati KSB. Penetapan status tersangka ini diungkapkan Kajari Sumbawa, Sugeng Hariadi SH MH kepada SAMAWAREA di ruang kerjanya, Senin (14/12).

DPRD

Menurut Kajari, pihaknya sudah menerima pelimpahan SPDP (Surat Perintah Dimulainya Penyelidikan) dari penyidik Tipilu di KSB yang menyatakan tersangkanya adalah FS—salah satu pasangan calon di KSB. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Sentra Gakumdu termasuk memberikan petunjuk kepada Panwas untuk melengkapi dan memenuhi unsur-unsur yang dapat menjerat tersangka. Dengan waktu yang terbatas, kejaksaan mempercepat penelitian berkas dan akhirnya dinyatakan lengkap (P21). “Mekanisme penanganan, di Panwas harus tuntas dalam waktu lima hari, di kejaksaan juga lima hari dan di pengadilan 7 hari,” beber Kajari.

Kajari Sumbawa menggelar jumpa pers di ruang kerjanya
Kajari Sumbawa menggelar jumpa pers di ruang kerjanya

Terhadap penetapan tersangka ini, FS dapat dijerat pasal 69 nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada dengan ancaman minimal 3 bulan maksimal 18 bulan penjara. FS diduga melakukan kampanye berbau SARA karena menyebut dan menyinggung etnis tertentu. Terkait dengan pelimpahan tersangka dan barang bukti untuk segera disidangkan, Kajari mengaku dalam waktu dekat ini. “Bisa besok atau lusa,” pungkasnya. (JEN/SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Pengedar Diringkus Saat Takar Shabu di Tengah Sawah