Bupati Sumbawa Dihujani Prestasi Nasional

oleh -4 views
Bupati Sumbawa dan 5 kepala daerah penerima API foto bersama Menteri Agama RI (tengah)

Liputan Khusus SAMAWAREA mendampingi Bupati Sumbawa di Jakarta (5)

JAKARTA, SR (14/12/2015)

Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik harus menetap cukup lama di Jakarta. Sebab dalam seminggu ini Bupati yang mewakili masyarakat Sumbawa akan menerima sedikitnya 5 penghargaan bergengsi sebagai kabupaten terbaik dari berbagai bidang. Mulai dari Kamis, 10 Desember Bupati Sumbawa menerima penghargaan “Regional Marketing Award” yang diterima dari Ketua DPD RI di Ballroom 3 Hotel Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place Sudirman Central Business District, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta. Berlanjut untuk tiga penghargaan pada Jumat, 11 Desember 2015 sejak pagi hingga malam hari. Yaitu mendapat penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM untuk kedua kalinya dari Menteri Hukum dan HAM RI di Graha Pengayoman-Kementeria Hukum dan HAM, Jalan HR Rasuna Said, Kav. 5-7 Jakarta Selatan. Menerima Anugerah E-KKP3K Tahun 2015 dari Menteri Kelautan dan Perikanan di Hotel Double Tree By Hilton, dan menjadi salah satu dari 6 kabupaten/kota yang menerima Apresiasi Pendidikan Islam 2015 yang diserahkan Kementerian Agama RI di Hotel Borobudur. Yang mengejutkan lagi, Senin, 14 Desember, Bupati Sumbawa menerima penghargaan DID (Dana Insentif Daerah) yang diserahkan langsung Presiden Jokowi di Istana Negara. Sejumlah penghargaan ini menambah keberhasilan JM selama dua periode memimpin Sumbawa sekaligus sebagai hadiah istimewa yang diberikan di akhir pemerintahan Drs H Jamaluddin Malik—Drs H Arasy Muhkan periode 2010—2015.

Baca Juga  Ini yang Bikin Warga Penatih Satu Jalur Menangkan Koster-Ace
Regional Marketing Award
Regional Marketing Award

Bupati Sumbawa yang ditemui SAMAWAREA di Hotel Double Tree By Hilton, belum lama ini, Bupati mengatakan penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat sekaligus bukti bahwa pembangunan yang sedang berjalan berhasil. Ia mengaku tidak mengetahui kapan pemberi penghargaan ini turun ke lapangan untuk kepentingan penilaian. Mereka meneliti bukan hanya berdasarkan dokumen lalu mengambil sampel, tapi mengecek langsung tanpa sepengetahuan pihak yang dinilai. Hasil turun ke lapangan inilah yang kemudian dikonfirmasikan kembali dengan pemerintah daerah.

Anugerah E-KKP3K dari Menteri Perikanan dan Kelautan
Anugerah E-KKP3K dari Menteri Perikanan dan Kelautan

Untuk penghargaan Regional Marketing Award dari DPD RI, ungkap JM—sapaan Bupati, ada tiga yang unsur yang dinilai yaitu akses, atraksi budaya dan fasilitas yang mendukung potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Sumbawa. Cikal bakal tiga unsur itu sudah dipenuhi daerah ini yaitu ketersediaan sarana jalan yang memadai, keberadaan bandar udara yang cukup bergeliat didukung tiga maskapai. Kemudian secara kontinyu menggelar atraksi budaya salah satu yang paling populer adalah Festival Moyo. Dalam kegiatan ini yang menarik perhatian pemerintah pusat adalah kebersamaan dalam menyukseskan kegiatan itu. Festival ini bukan pekerjaan dinas pariwisata semata tapi semua pihak terlibat dengan menjadikan kegiatan tersebut sebagai pekerjaan keroyokan. Sementara fasilitas adalah bertambahnya hotel dan penginapan yang nyaman sehingga para tamu atau wisatawan betah berlama-lama di Sumbawa. Terhadap penilaian yang diwujudkan dengan Anugerah Regional Marketing Award, Ketua DPD RI siap ‘menjual’ Sumbawa untuk pengembangan potensi daerah salah satunya dengan mendorong kementerian terkait seperti Menteri Pariwisata, Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan bagi pembangunan Sumbawa. Untuk penghargaan Peduli Hukum dan HAM, Sumbawa menjadi salah satu dari 86 kabupaten/kota terpilih. Penghargaan ini sudah yang kedua kalinya diterima daerah ini. Selanjutnya Anugerah E-KKP3K Tahun 2015 yang mampu dipertahankan Sumbawa selama enam tahun berturut-turut. Anugerah E-KKP3K yang diraih ini karena Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu daerah yang komit dan bekerja keras dalam mendukung dan mengembangkan kawasan konservasi perairan, pesisir dan pulau-pulau kecil.

Baca Juga  Tingkatkan Kinerja, KSB Gelar Lomba untuk Tim Kerja STBM Tingkat Pliuk
Apresiasi Pendidikan Islam 2015
Apresiasi Pendidikan Islam 2015

Demikian dengan Apresiasi Pendidikan 2015, dari 200 kabupaten/kota di Indonesia hanya 6 yang daerah yang meraih penghargaan tersebut dan Sumbawa menjadi salah satunya. Anugerah ini karena Bupati Sumbawa telah memberi perhatian serius terhadap peningkatan mutu, akses dan saya saing pendidikan Islam. “Ini pertamakali digelar Kementerian Agama, Alhamdulillah Sumbawa menjadi penerima perdana,” ucap JM. Dengan banyaknya penghargaan yang diterima di penghujung jabatannya, JM mengaku senang dan bangga karena dapat menjadi ukuran hasil kerjanya bersama masyarakat Sumbawa selama ini. Ke depan Ia berharap penghargaan ini terus menjadi motivasi bagi pemimpin selanjutnya agar jauh lebih baik dari sekarang ini. (JEN/SR)

Anugerah Daerah Peduli HAM
Anugerah Daerah Peduli HAM
bankntb DPRD DPRD