Peduli Pendidikan Islam, Sumbawa Dianugerahi API 2015

oleh -4 views
Apresiasi Pendidikan Islam 2015

Liputan Khusus SAMAWAREA mendampingi Bupati Sumbawa di Jakarta (1)

 

JAKARTA, SR (13/12/2015)

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa memberikan perhatian serius terhadap peningkatan mutu, akses dan saya saing pendidikan Islam. Atas dedikasi yang luar biasa tersebut daerah Tana Intan Bulaeng ini mendapat penghargaan “Apresiasi Pendidikan Islam (API) 2015”. Penghargaan ini diberikan kepada Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin pada malam penganugerahan yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (11/12) lalu.

Bupati Sumbawa dan 5 kepala daerah penerima API foto bersama Menteri Agama RI (tengah)
Bupati Sumbawa dan 5 kepala daerah penerima API foto bersama Menteri Agama RI (tengah)

Selain Kabupaten Sumbawa, ada lima kabupaten/kota lain yang juga dianugerahi penghargaan API yaitu Kota Padang, Kabupaten Siak, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Tabalong. Dalam kegiatan yang dipandu Nirina Zubair dan dihibur Melly Goeslow, sejumlah penghargaan juga diberikan kepada sejumlah madrasah, kepala madrasah dan siswa madrasah teladan se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin mengatakan, API 2015 merupakan penghargaan istimewa bagi seluruh keluarga besar Kementerian Agama. Sebab, para penerima penghargaan ini adalah para pionir pendidikan Islam dari Indonesia  yang juga merupakan putra dan putri bangsa yang peduli dan mewakafkan dirinya untuk pendidikan Islam.

Bupati Sumbawa duduk bersama bupati/walikota penerima API
Bupati Sumbawa duduk bersama bupati/walikota penerima API

Diungkapkapnya, pendidikan Islam menampakkan peningkatan sejak beberapa dekade terakhir ini sebagai refleksi kebangkitan pendidikan Islam. Karenanya pemerintah memprioritaskan pembangunan pendidikan agama dengan mengalokasikan 85 persen anggarannya untuk pendidikan agama dan keagamaan. ‘’Keberhasilan dibidang pendidikan adalah pondasi eksistensi bangsa dan Negara di masa depan. Kita tidak akan membiarkan bangsa ini kalah bersaing dengan bangsa lainnya. Kami akan menjadikan pendidikan Islam sebagai tuan rumah di negeri sendiri,” ujarnya.

Baca Juga  Batal, Tes CPNS Jalur Umum 2015

Ia mengajak semua insan pendidikan Islam berprestasi untuk lebih memfokuskan arah pembangunan umat muali dari penggalakan pendidikan tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi. Sebab hal tersebut berkontribusi pada terwujudnya peradaban nusantara yang membanggakan sehingga bisa menjadi inspirasi bagi peradaban dunia. “Bangkitnya peradaban nusantara tidak berhenti hanya pada sekedar wacana. Karena itu kami mengajak semua pihak untuk melahirkan sebuah peradaban yang menggambarkan keagungan agama, ketulusan budaya dan kemegahan karya ilmu anak bangsa,” harapnya

Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Nur Amirullah
Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Nur Amirullah

Sebelumnya, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Nur Amirullah melaporkan, API dianugerahkan berdasarkan rangkaian seleksi yang ketat. Untuk memperolehnya juga harus memenuhi sejumlah kriteria tertentu. ‘’API adalah penghargaaan yang diberikan kepada individu ataupun institusi. Karena mereka telah memberikan dedikasi luar biasa dalam pendidikan Islam,” terangnya.

Dijelaskan, upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia merupakan domain Pendidikan Islam yang menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat untuk mewujudkan. Karenanya diperlukan sinergi antara pemerintah dan masyarakat guna memajukan pendidikan Islam. Penyelenggaraan Anugerah API bertujuan untuk meningkatkan kepedulian Pemerintah Daerah maupun masyarakat umum terhadap peningkatan mutu, akses dan daya saing dalam penyelenggaraan Pendidikan Islam. Melalui anugerah API ini diharapkan terjalinnya kerjasama konstruktif antara Kemenag dengan Pemda Provinsi dan kabupaten/kota dalam meningkatkan mutu, akses dan daya saing pendidikan Islam. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD