Terlambat Datang, Saksi JIWA Ditolak di TPS 2 Brang Bara

oleh -48 views

SUMBAWA BESAR, SR (09/12/2015)

Kekisruhan kecil sempat terjadi di TPS 2 Kelurahan Brang Bara, Kecamatan Sumbawa. Tim JIWA mengajukan protes kepada Ketua KPPS setempat karena tidak mengijinkan saksi JIWA masuk ke arena TPS untuk melaksanakan tugas kesaksiannya. Persoalan ini sempat ditengahi Lurah Brang Bara dan memaksa pihak Panwascam turun tangan. Bermula ketika saksi JIWA, Elvira Natalia terlambat datang ke TPS, sementara pihak KPPS sudah melakukan proses pra pencoblosan salah satunya pengambilan sumpah janji para petugas termasuk dua orang saksi dari SAAT JAYA dan HUSNI MO.

Menurut Arus Prihatin dari Tim JIWA, seharusnya KPPS berlaku bijak dalam menyikapi hal ini dan tidak berlaku saklak. Sebelum datang, saksinya menyempatkan diri mampir di TPS untuk mencoblos sebagai kewajiban warga negara dalam melaksanakan hak politiknya. “Harusnya ini bisa menjadi pertimbangan, bukan malah memberi sanksi,” tukasnya.

Sementara Ketua KPPS, Syamsul Hadi menegaskan bahwa itu sudah diatur dalam aturan KPU dan harus dilaksanakan. Aturan sebenarnya ini sudah diketahui oleh para saksi karena memang sudah diberikan pembekalan. Ia mengaku tetap memberikan kesempatan kepada saksi bersangkutan untuk menyaksikan proses di TPS, namun berada di luar arena dan tidak dapat menandatangani hasil pemungutan suara. “Ini sudah aturan dan kami harus komit untuk menegakkannya,” tegas Syamsul Hadi.

Hal senada dikatakan Anggota Panwascam Sumbawa, Abdul Kadir bahwa aturannya sudah jelas, apapun alasannya ketika terlambat maka saksi tersebut tidak bisa menyaksikan proses pemungutan dan rekapitulasi perolehan suara di dalam arena TPS. “Saksi itu bisa melihat dari luar tapi sudah bukan bagian yang berkepentingan di dalam TPS,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Gakumdu 'Patahkan' Tudingan KLS4