Hasil Audit, Kasus Bank NTB Rugikan Negara 2,38 M

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (09/12/2015)

Penyidik Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sumbawa mulai siap-siap menetapkan tersangka dalam kasus dugaan penyimpangan proses pemberian Kredit Mitra Wirausaha (KMWU) di PT Bank NTB Cabang Sumbawa. Pasalnya, kemarin, audit investigasi kerugian negara yang ditimbulkan dari penyimpangan kredit ini sudah dituntaskan dan diserahkan BPKP kepada penyidik kepolisian. Laporan hasil audit yang ditandatangani Kepala Perwakilan BPKP NTB Dr Bonardo Hutauruk, Ak MM beserta Tim Audit yaitu Ngatno SE (Koordinator JFA bidang Investigasi), F Hary Pitrajuwanto Ak (Pengendali Teknis), Chusnul Faizah (Ketua Tim) dan Rinda Purdriyah Kurniadi (Anggota Tim) menyebutkan kerugian negara mencapai Rp 2.388.963.150 (Rp 2,38 M).

Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK yang dikonfirmasi SAMAWAREA, Rabu (9/12), membenarkan telah mengantongi hasil perhitungan kerugian negara kasus Bank NTB dari BPKP. Rencananya, Senin mendatang, pihaknya akan bertolak ke Mataram untuk meminta keterangan saksi ahli dari BPKP maupun saksi ahli pidana dari Universitas Mataram (UNRAM). Selain itu dengan adanya hasil kerugian negara, ungkap Kapolres, status penanganan kasus ini akan ditingkatkan dari penyelidikan ke tahap penyidikan yang tentunya diikuti dengan penetapan tersangka. Sebelumnya diakui Kapolres sudah ada tiga calon tersangka. Mereka adalah mantan pejabat bank setempat yang sudah pensiun. Setelah ditetapkan sebagai tersangka mereka akan kembali dimintai keterangannya.

Baca Juga  Petugas Lapangan PPKK Disnakertrans Sumbawa Ditahan Jaksa

Seperti diberitakan, sebelumnya laporan kasus kredit bermasalah Bank NTB Tahun 2007 lalu mulai ditangani polisi awal 2015. Bermula dari pemberian kredit kepada 151 karyawan PTNNT senilai total Rp 7,5 miliar atau berkisar Rp 50 juta per orang. Namun dalam pencairan kredit disinyalir tidak sesuai prosedur yaitu dilakukan secara langsung tanpa ada pengecekan lapangan dan jaminan dari kreditur. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD