Desk Pilkada, Semua Proses Pilkada Sumbawa Terpantau

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (08/12/2015)

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa berkewajiban memastikan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilkada) berjalan dengan aman, lancar dan damai. Karena itu menyambut pelaksanaan Pilkada ini, Pemkab melalui Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Sumbawa mengelar Sosialisasi Desk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2015, Senin (7/12) kemarin, yang dibuka Sekda Sumbawa Drs. H. Rasyidi, dan dihadiri Kepala BPKP Provinsi NTB Iwan Ichwanul Karim AK, MM, Forkopimda, para Asisten, staf ahli Bupati, Kepala SKPD, camat dan lurah.

Desk Pilkada 1Bupati Sumbawa diwakili Sekda Drs. H. Rasyidi mengatakan, proses Pilkada dengan desk Pilkadanya wajib memantau, memonitor kemudian mengecek kesiapan seluruh instansi terkait. Desk Pilkada diharapkan dapat mengetahui, mengecek dan memastikan anggaran yang turun apakah sudah tersedia baik yang dikelola Panwas, Polres dan Kodim sebelum pelaksanaan pilkada. Hal ini adalah salah satu tanggung jawab dan fungsi Desk Pilkada. Di tahap persiapannya, dilakukan sosialisasi kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), dan masyarakat. Desk Pilkada juga diberikan tugas untuk memantau dan mengecek setiap kejadian, harus dicatat dan didiskusikan berbagai kejadian yang ada di lapangan dan diserahkan kepada pihak yang berwenang untuk diselesaikan melalui aturan yang berlaku. “Kita sebagai elemen bangsa harus dapat melaksanakan tugas masing–masing sehingga apa saja yang terjadi selama Pilkada bisa diawasi dan dideteksi untuk dipantau kemudian dilaporkan,” pintanya.

Baca Juga  Jelang Rapat Pleno, Ketua TPS 6 Jotang Beru Meninggal Dunia

Desk Pilkada 2Dalam kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd melaporkan, sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti penting Pilkada, sehingga masyarakat tetap memberikan hak suaranya. Selain itu PNS diharapkan tetap menjaga netralitas dan mendukung siapapun yang terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, di samping instruksi untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah, mampu mengayomi masyarakat dan memberi rasa aman, serta menjadi contoh dalam beretika politik yang baik, santun, serta aman. Selain itu mengantisipasi hal–hal lain yang kemungkinan dapat menimbulkan konflik. (JEN/SR)

 

bankntb DPRD DPRD