Wakil Ketua Tim HUSNI-MO Bakal Diperiksa Panwas

oleh -11 views
Abdul Rafiq, Ketua KOmisi II DPRD Sumbawa

Diduga Bagi-bagi Genset di Masa Tenang

SUMBAWA BESAR, SR (07/12/2015)

Detik-detik menjelang hari pencoblosan tensi politik kian meninggi. Tidak hanya Panwas yang melakukan pengawasan secara ketat sesuai tupoksinya, tapi juga masyarakat. Ketika ada gerakan ganjil dari tim paslon tertentu maka dengan mudah terdeteksi sebab semua bisa menjadi ‘mata dan telinga’. Seperti yang terjadi di Kecamatan Alas, Senin (7/12) petang tadi. Tersiar informasi jika Wakil Ketua Tim Pasangan HUSNI-MO tertangkap membagi-bagikan bantuan mesin genset di Desa Luar Kecamatan Alas. Pasalnya sejak Minggu (6/12) kemarin tiga hari ke depan merupakan masa tenang yang tidak boleh ada aktivitas kampanye atau politik dalam bentuk apapun dari masyarakat terutama pasangan calon dan timnya. Kini kasus ‘bagi-bagi bantuan’ ini sedang ditangani Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Alas.

Informasi ini diakui Anggota Panwas Kabupaten Sumbawa, Jhon Kennedy M.Pd. Pihaknya yang berada di kecamatan mendapat laporan jika ada tim salah satu pasangan calon melakukan aktivitas politik pada masa tenang. “Ini yang sedang ditelusuri atau diselidiki dengan meminta keterangan dari pelapor maupun pihak-pihak terkait lainnya. dan sekarang sedang berproses,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Paslon HUSNI-MO, Abdul Rafiq membantah dengan tegas melakukan aktivitas politik sebagaimana yang dituding. Rafiq yang juga Ketua DPC PDIP Sumbawa ini memberikan klarifikasi bahwa bantuan tersebut memang ada yang disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa berdasarkan usulan darinya selaku anggota DPRD Sumbawa Tahun 2014 lalu dan baru terealisasi Tahun 2015 ini. Bantuan ini berupa 88 unit mesin genset yaitu 48 unit di Desa Labuan Mapin Kecamatan Alas Barat dan 40 unit di Desa Luar Kecamatan Alas. Dinas Sosial telah berjanji akan mengantar langsung bantuan tersebut ke kantor camat. Namun setelah ditunggu bantuan itu tak kunjung datang, membuat para penerima resah. Akhirnya 20 orang warga Labuan Mapin Alas Barat dari penerima bantuan ini meluncur ke Sumbawa. Karena hanya 8 orang yang bisa menunjukkan KTP selaku penerima, Dinas Sosial hanya memberikan 8 unit mesin genset, selebihnya akan diserahkan setelah Pilkada atau tanggal 10 Desember 2015.  Agar Kelompok Desa Luar percaya bantuan ini memang ada, kelompok Labuan Mapin menitipkan 4 unit dari 8 unit mesin genset itu di Desa Luar hanya untuk memperlihatkan dan besok akan diambil kembali. Karena Kelompok Labuan Mapin tidak mengetahui rumah ketua kelompok Desa Luar, Rafiq mengaku mendampinginya. “Saya santai-santai saja karena bantuan itu dari APBD, dan diberikan kepada orang yang berhak menerima dan sudah diverifikasi pemerintah,” kata Rafiq.

Baca Juga  Miliki Sifat Terpuji, Ketua Pembangunan Masjid ini Layak Jadi Bupati Sumbawa

Dengan tindakan yang dilakukannya ini membuat tim paslon lain keberatan lalu melaporkannya ke Panwas. “Saya siap dimintai keterangan. demikian dengan warga Labuan Mapin juga siap memberikan kesaksian,” pungkasnya. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb