Disos Diserbu Pengambil Bantuan “Aspirasi DPRD”  

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (07/12/2015)

Puluhan warga Kecamatan Alas dan Alas Barat mendatangi Kantor Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa, Senin (7/12). Kedatangan warga ini untuk mengambil bantuan yang dialokasikan dan diusulkan melalui ‘dana aspirasi’ salah satu anggota DPRD Sumbawa di wilayah setempat. Bantuan itu berupa 88 unit mesin genset 100 watt untuk dua kelompok dan 7000 watt untuk mushallah. Selain itu ada juga sound system, keranda jenazah lengkap dengan alat memandikannya. Warga tersebut sempat emosi karena pihak Disos belum bersedia menyerahkan bantuan itu. Disos khawatir pemberian bantuan ini dipolitisir mengingat saat ini dalam masa minggu tenang Pilkada dan tinggal dua hari lagi hari pencoblosan. Namun warga yang mengaku sudah terlanjur datang tidak akan pulang sebelum membawa bantuan itu. “Kami tidak akan pulang. Kami jauh-jauh ke sini untuk mengambil bantuan yang sangat kami butuhkan untuk kelangsungan nafkah kami di laut,” kata Ketua Kelompok Masyarakat Labuan Mapin, Ruslan didampingi sejumlah anggotanya.

Ruslan, ketua Kelompok Labuan Mapin Alas Barat
Ruslan, ketua Kelompok Labuan Mapin Alas Barat

Mereka mengaku datang setelah diinformasikan salah seorang anggota DPRD Sumbawa bahwa bantuan yang diusulkan melalui aspirasinya sudah didrop pusat. Menurut Ruslan, bantuan ini tidak ada kaitannya dengan politik, sebab pengadaannya menggunakan dana APBD Sumbawa. Bantuan ini berkaitan dengan erat dengan kehidupan ekonomi mereka. Karena itu ketika mendengar informasi adanya bantuan mereka langsung bergegas. “Kami tidak ada kaitannya dengan politik, kami datang untuk mengambil hak kami,” tegasnya.

Baca Juga  Mantan Anggota DPRD dan Mahasiswi Terima Hadiah Mobil Simpedes BRI
Kabid Banjamsos Disos Sumbawa, Syarifah S.Sos M.Si
Kabid Banjamsos Disos Sumbawa, Syarifah S.Sos M.Si

Sementara Kepala Dinas Sosial Sumbawa melalui Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial (Banjamsos), Syarifah S.Sos M.Si mengakui bantuan yang diusulkan kelompok tersebut pada Tahun 2014 lalu itu baru tiba kemarin. Kelompok ini di SK-kan Bupati Sumbawa setelah melalui verifikasi. Hanya keberadaan barang ini bertepatan dengan hari tenang Pilkada yang dikhawatirkan akan dipolitisir. Karena itu Ia sempat meminta pengertian kelompok dimaksud agar bantuan tersebut disalurkan setelah Pilkada. “Nama-nama penerima bantuan sudah tercatat, dan biar kami yang mengantarnya langsung ke lokasi asalkan usai Pilkada,” kata Ipok—sapaan akrab pejabat low profil ini.

Karena masyarakat bersikeras dan tidak akan pulang sebelum membawa bantuan, akhirnya permintaan tersebut dipenuhi. Tentunya melalui prosedur yakni dengan menunjukkan KTP penerima agar tidak salah sasaran. Dari puluhan warga ini, yang membawa KTP hanya 8 orang, sehingga berhak membawa pulang bantuan mesin genset. Untuk diketahui penerima bantuan berasal dari Kecamatan Alas dan Kecamatan Alas Barat. Ada dua kelompok desa yang berhak menerima bantuan yaitu 48 unit di Desa Labuan Mapin Kecamatan Alas Barat dan 40 unit di Desa Luar Kecamatan Alas. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.