Stabilkan Harga Jagung, Pemerintah Terapkan PSRG

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (06/12/2015)

Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu dari 4 daerah di Indonesia yang mendapat kehormatan diundang secara khusus oleh Direktorat Pengembangan Usaha dan Investasi Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Kementerian Pertanian RI ke Bandung, Jawa Barat, belum lama ini. Diundangnya Bupati Sumbawa diwakili Kadis Pertanian dalam rapat Kajian Cepat (RRA) Untuk Program Terpadu Pengembangan Agribisnis Jagung Berbasis Sistem Resi Gudang ini karena Sumbawa merupakan daerah sentra jagung.

Ditemui saat Peresmian UPTD Kerbau di Kecamatan Maronge, Sabtu (5/12) kemarin, Kadis Pertanian, Ir Talifuddin M.Si mengatakan, Penjualan System Resi Gudang (PSRG) ini sangat penting untuk diterapkan mengingat potensi jagung di Sumbawa berlimpah, namun yang menjadi persoalan adalah pemasaran. Sebab harga penjualannya masih belum memenuhi harapan petani. Apalagi pada Musim Hujan (MH) mendatang, diperkirakan hasil pertanian tanaman jagung sangat berlimpah yang sudah pasti akan berpengaruh terhadap harga jual. Karena itu penjualan dengan system resi gudang menjadi solusinya. System resi ini adalah penundaan jual. Petani sebagai bagian prooduksi menunda penjualan jagung hingga harga di pasaran benar-benar bagus. “Bisa dijual beberapa persen saja pasca panen, tapi selebihnya disimpan di gudang dan akan dijual ketika harga jagung naik,” jelas Talif—akrab pejabat ramah ini disapa.

JM JagungNamun Ia berharap selain system ini, petani yang agak mampu dapat menunda penjualan, sedangkan yang tidak mampu dan memiliki kebutuhan yang sangat mendesak, menjadi bagian pemerintah pusat untuk memberikan membantu dengan mendatangkan banyak investor. Investor ini bukan hanya membeli tapi menfasilitasi dengan memberikan bantuan kepada kelompok tani. “Sekarang ini investor yang datang hanya membeli, ke depan investor harus melakukan investasi sehingga ada jaminan pasar bagi para petani jagung,” ujarnya.

Baca Juga  Komisi II DPRD Sumbawa Fasilitasi Krisis Air di Pulau Bungin

Sejauh ini diakui Talif, pemerintah daerah melalui dinasnya, dalam setiap pertemuan di Jakarta maupun daerah lainnya terus melakukan ekspos menginformasikan bahwa Sumbawa adalah daerah sentra jagung di NTB. Banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi. Bahkan ada salah satu investor yang sudah menyatakan keinginan untuk membangun pabrik pakan di Sumbawa. Jika ini terealisasi otomatis harga jagung akan lebih bagus dari sebelumnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.