2016, Anggaran Diknas Sumbawa Fokus Peningkatan Mutu

oleh -8 views
Amir Mahmud ME, Kasubag Program Dinas Diknas Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (03/12/2015)

Sekolah terutama di daerah terpencil wilayah Kabupaten Sumbawa yang membutuhkan perbaikan fisik masih cukup banyak. Kondisi tersebut belum dapat ditangani secara maksimal karena pada Tahun 2016 mendatang, Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa lebih fokus membiayai peningkatan mutu.

Kasubag Program Dinas Diknas setempat, Amir Mahmud ME mengakui hal itu. Ini disebabkan alokasi APBD dinasnya untuk belanja langsung mengalami penurunan yang cukup drastis, dari sebelumnya Rp 63 miliar kini menjadi hanya Rp 30 miliar. “Untuk fisiknya tetap ada, tapi porsinya sangat sedikit, hanya sekitar 7 % dari APBD,” bebernya

Namun demikian kondisi fisik sekolah rata-rata relative sudah baik hanya sekedar. Karena itu sudah saatnya anggaran ini dialihkan untuk mutu. Lagipula Untuk perbaikan fisik sekolah dapat diperoleh melalui aspirasi anggota dewan. Selain itu, Dinas Diknas juga sudah menyisipkan DAK sekitar Rp 7 miliar untuk perbaikan fisik bagi sekolah yang sangat membutuhkan. “Tapi ini hanya untuk SD. SMP dan SMA-nya tidak ada. Untuk fisik SMP dan SMA kita harapkan ada dari Bansos dan dana revitalisasi dari pusat,” ujarnya.  Untuk mutu di luar DAK lanjut Amir Mahmud, Dinas Diknas menyiapkan anggaran sekitar 20 miliar atau 70% dari total APBD. Sasarannya akan digunakan untuk kegiatan peningkatan kapasitas dan kualitas tenaga pengajar termasuk persiapan kurikulum. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Fasilitasi GEMAJIPI, KKN UTS Undang Kadis Peternakan