Antisipasi Gangguan dari Luar, Polisi Pasang CCTV di Kantor KPU

oleh -10 views

SUMBAWA BESAR, SR (02/12/2015)

Keamanan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa semakin berlipat. Selain penempatan satu regu personil, pihak kepolisian juga memasang CCTV di empat titik di kantor penyelenggara Pilkada ini. Pemasangan CCTV itu mulai dilakukan Rabu (2/12) sore tadi. Kapolres Sumbawa, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammad SIK yang dihubungi SAMAWAREA, mengakui hal itu. Pemasangan CCTV tersebut untuk keamanan. Dengan keberadaan CCTV ini memudahkan pihaknya memonitor pergerakan manakala ada ancaman dari luar mengingat pelaksanaan pemungutan suara tinggal menghitung hari. “Kami antisipasi adanya ancaman ini sebab segala persoalan terkait pelaksanaan Pilkada, muaranya ke KPU,” kata perwira low profil ini.

Petugas sedang merangkai pemasangan CCTV di Kantor KPU Sumbawa
Petugas sedang merangkai pemasangan CCTV di Kantor KPU Sumbawa

Selain mengantisipasi ancaman dari luar, CCTV ini juga memantau aktivitas dan keamanan staf KPU. CCTV itu ditempatkan di empat titik yaitu bagian belakang, depan, di dalam (arah masuk) dan pintu gudang logistik. Dan segala aktivitas dapat terpantau setiap waktu karena system di CCTV terhubung langsung ke handphone. “Jadi kapanpun bisa dimonitoring,” ucap Kapolres. Sebelumnya sudah ada satu regu anggota yang ditempatkan di Kantor KPU sejak beberapa minggu yang lalu. Dan ketika memasuki tahapan perhitungan jumlah anggota akan ditambah dari satu regu menjadi satu pleton serta diback-up personil Brimob.

Sementara Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag memberikan apresiasi dan terima kasih kepada kepolisian atas inisiatifnya dalam memasang CCTV. Ini dinilai sebagai langkah maju dalam rangka memberikan proteksi yang luar biasa bagi KPU Sumbawa selaku penyelenggara Pilkada, di samping mengantisipasi segala potensi gangguan keamanan dari luar. “Atas nama segenap penyelenggara Pilkada kami ucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian. Ini langkah preventif dalam mendukung pelaksanaan Pilkada yang aman dan damai,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Bupati Sumbawa Dorong Kaum Perempuan Jadi Motor Penggerak Perubahan