Wujudkan RTH di UTS, SOBI Sumbawa Tanam Pohon

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (29/11/2015)

Kampus Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Batu Alang, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa, bakal semakin hijau. Hal ini menyusul penanaman pohon yang dilakukan 50 orang mahasiswa Fakultas Teknobiologi dan Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian yang tergabung dalam UKM Sobat Bumi (SOBI) Sumbawa. Selain mahasiswa, dosen juga ikut terlibat pada kegiatan kegiatan memperingati Hari Menanam Pohon Nasional, yang jatuh pada 28 November 2015. Terdapat dua lokasi kampus yang dipilih pada kegiatan ini, yakni sekitar Gedung Orange Fakultas Ekonomi dan Gedung Karim Fakultas Psikologi. Kegiatan ini didukung PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) yang menyediakan bibit pohon. Tidak hanya menanam pohon seperti biasa, akan tetapi kegiatan ini menerapkan konsep “pohon asuh” dimana setiap orang menanam satu pohon asuhnya dengan memberikan nama sesuai dengan keinginan. Tujuan pemberian nama tersebut untuk memberikan rasa tanggung jawab kepada mahasiswa yang menanam pohon agar merawat pohon yang ditanam seperti anak sendiri, sehingga tumbuh dengan subur. Kegiatan ini sekaligus menjadi pelopor dalam memberikan pendidikan dan menumbuhkan rasa kepedulian kepada mahasiswa lain untuk merawat dan membesarkan pohon dangan rasa cinta dan kasih sayang. Pada akhirnya akan terwujud ruang terbuka hijau (RTH) di Kampus UTS demi mendukung kenyamanan aktivitas mahasiswa dan dosen di lingkungan kampus.

Sobi UTS 2UKM Sobat Bumi Sumbawa merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan yang digagas oleh anggota Sobat Bumi Indonesia yang merupakan ikatan seluruh penerima Beasiswa Pertamina Foundation seluruh Indonesia. Keberadaan Sobat Bumi Sumbawa sebagai organisasi kemahasiswaan memiliki peranan yang sangat strategis. Sebagai organisasi kemahasiswaan, UKM Sobat Bumi Sumbawa mendorong mahasiswa dan masyarakat untuk melakukan pelestarian alam, khususnya mahasiswa dan masyarakat yang berada di Pulau Sumbawa.

Baca Juga  Ratusan Mahasiswa FEB UTS Diminta Cerdas Menilai Fenomena Ekonomi

Sobi UTS 3Sejak terbentuk pada Tahun 2013, UKM SOBI Sumbawa telah melakukan kegiatan yang fokus agendanya adalah kelestarian alam, konservasi dan pendidikan kesadaran cinta lingkungan di masyarakat. Di antaranya penanaman 2000 pohon binong di Batu Dulang, Sobat Bumi berbagi ramadhan (pembagian takjil dan memberi selebaran ajakan membuang sampah pada tempatnya), pembersihan sungai di wilayah Semongkat dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, pembersihan pantai di Labuhan Sumbawa, monitoring kondisi terumbu karang di Bungin dan Labu Pade Sumbawa, dan monitoring kualitas air sungai di wilayah Kabupaten Sumbawa. Kegiatan tersebut dilakukan tersebar di beberapa lokasi di Kabupaten Sumbawa dengan melibatkan masyarakat dan bekerjasama dengan instansi-instansi terkait. Demi mewujudkan cita-cita bersama yaitu terciptanya keseimbangan dan keharmonisan kehidupan antara lingkungan dengan aktivitas masyarakat di Sumbawa. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD