TGB Road Show Resmikan Ponpes, Gandeng Mala Panji

oleh -7 views

TALIWANG, SR (29/11/2015)

Ketua DPD Demokrat NTB yang juga Gubernur NTB, TG KH Zainul Majdi MA melakukan kunjungan ke Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Minggu (29/11). Kunjungan Ketua Umum Pengurus Pusat Nahdlatul Wathan (NW) ini dalam rangka meresmikan sejumlah pondok pesantren dan mengisi pengajian umum. TGB disambut antusias warga jamaah Pondok Pesantren (Ponpes) Uswatun Muhajirin NW Dusun Ai Kangkung Desa Tongo Kecamatan Sekongkang. Ponpes ini adalah ponpes pertama yang dikunjungi Gubernur sejak beberapa tahun terakhir.

Gubernur NTB didampingi Mala-Panji
Gubernur NTB didampingi Mala-Panji

Di sana, tokoh sentral politik di NTB ini meletakkan batu pertama pembangunan ponpes dan dilanjutkan dengan pengajian umum. Ribuan Jamaah NW berkumpul di Masjid Ai Kangkung. Tua muda bersatu mendengarkan tauziah yang disampaikan sang tokoh spritual ini. “Mari kita jaga persatuan, persahabatan dan membangun dengan satu hati. Saya memperkenalkan Pak Mala Rahman dan Iwan Panjidinata untuk menunaikan iktiar menjadi pemimpin Sumbawa Barat lima tahun kedepan. Saya mohon doa bapak ibu untuk membantu beliau berdua,’’ ucapnya yang diamini ribuan jamaah.

Gubernur Mala PanjiUsai di Ai Kangkung, rombongan TGB meluncur ke Batu Ble Lingkungan Kemutar Telu Kelurahan Menala, Kecamatan Taliwang. Disana ribuan jamaah NW sudah menunggu. Sama seperti di Ai Kangkung, TGB langsung dinobatkan menyampaikan tauziah. Intinya, ia menegaskan, ukhuwa Islamiah harus dijaga, persatuan persahabatan antar umat senantiasa diperkuat. Sejatinya, pembangunan ponpes untuk bekal akhirat, membangun peradaban Islam dan nilai-nilai agama demi kemaslahatan anak cucu di kemudian hari.

Baca Juga  Wujudkan Hutan Lestari untuk NTB Gemilang

TGB mengaku sengaja menggandeng Mala Rahman dan Iwan Panji Dinata, calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat periode 2016-2021 mendatang karena kedua pasangan tersebut merupakan sahabat bagi Demokrat dan jamaah NW serta masyarakat Sumbawa Barat. Ia menilai, keduanya layak memimpin Sumbawa Barat, menyelamatkan daerah ini dari keterpurukan. “Pak Mala Panji adalah sahabat saya. Beliau yang saya yakini figur yang baik memimpin,’’ tandasnya lagi.

Gubernur Mala Panji 3Selanjutnya rombongan TGB mendatangi Dusun Jorok Tiram Desa Batu Putih. Disana ia juga ikut meletakkan atau meresmikan Ponpes Aliyah NW. Seperti biasa, rombongan disambut sekitar seribuan jamaah NW. “Ilmu semakin lama dijaga, maka semakin lama menjaga kita. Namun harta, semakin lama dijaga semakin menyulitkan kita. Maka dari itu, saya berharap tirulah pemimpin seperti Syaidina Ali. Sederhana dan menjaga ilmunya untuk melindungi ummat dari ketidakbaikan,’’ ujarnya.

Ia menegaskan, harta juga penting, namun haruslah diperoleh dengan cara yang rahmatan lil ‘alamin. “Insya Allah, jika terus bersatu maka seluruh upaya mensejahterakan akan terlaksana dalam naungan ridho-Nya. Semua warga KSB dari Lombok, merupakan milik Sumbawa Barat. Saya pesan, bahwa warga Sasak bukan perusak, tapi pemberi solusi. Warga Sasak bukan pemecah belah tapi pemersatu,” imbuhnya, seraya menyerukan warga NW, warga Sasak dan warga Sumbawa Barat bersatu membangun madrasah.

Gubernur Mala Panji 4Sementara itu, salah seorang jamaah menanyakan kepada TGB, siapa yang dipilih dalam Pilkada mendatang ? TGB dengan bijak tidak menjawab dan tidak mengarahkan dukungan kepada salah satu paslon. Ia hanya mengatakan, warga Lombok dan warga Sumbawa Barat cukup diberi isyarat karena jiwa mereka bebas dan menyatu. Jika jiwa mereka terkungkung, maka perlu diingatkan untuk kembali bersatu. (AR/SR)

bankntb DPRD DPRD