Sejumlah Kementerian Keroyokan ‘Jual’ Sumbawa

oleh -1 views

Respon Paparan Kinerja Pemasaran Daerah oleh Bupati Sumbawa

JAKARTA, SR (29/11/2015)

Kabupaten Sumbawa dipandang sebagai salah satu pemerintah daerah di Indonesia yang secara aktif dan konsisten melakukan inovasi dan meningkatkan daya saing untuk kemajuan daerahnya. Selain itu menjadi salah satu nominator Regional Marketing Award. Bupati Sumbawa Drs. H. Jamaluddin Malik didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs H Muhammading M.Si dan Kepala Bappeda Sumbawa Ir. H. Iskandar D, M.Ec.Dev memaparkan Kinerja Pemasaran Daerah di depan panelis nasional, belum lama ini. Para panelis nasional tersebut terdiri dari unsur-unsur Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, Deputi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata RI, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Ditjen Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Badan Pusat Statistik, Indonesia Marketing Association, dan MarkPlus Inc.

Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs H Muhammading M.Si dan Kepala Bappeda Sumbawa Ir. H. Iskandar D, M.Ec.Dev
Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs H Muhammading M.Si dan Kepala Bappeda Sumbawa Ir. H. Iskandar D, M.Ec.Dev

Selama lebih dari satu jam di Ruang B PPUU Lantai III Gedung Sekretariat Dewan Perwakilan Daerah RI, Bupati Sumbawa memaparkan berbagai potensi, kebijakan serta upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah bersama masyarakat dan para pemangku kepentingan mempromosikan/memasarkannya guna menarik investor ke Sumbawa. Pemaparan tentang potensi, kebijakan maupun upaya lebih mengarah pada Konsep TIT “Tourism, Investment, Trade” (pariwisata, investasi dan perdagangan). Bupati Sumbawa menjelaskan bahwa sampai saat ini Kabupaten Sumbawa telah melakukan pengiriman jagung ke Philipina, ekspor rumput laut ke Korea, mengikuti berbagai ekspo yang bertujuan menarik investasi dengan memperkenalkan potensi maupun kreatifitas daerah. Bupati juga menguraikan bagaimana Festival Moyo terus dilakukan guna mendorong promosi pariwisata yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung dengan terus melakukan penyempurnaan penyelenggaraan di masa mendatang. Lebih dari itu Bupati Sumbawa mengharapkan bahwa paparan ini bukan hanya sebagai bahan penilaian bagi panelis namun juga diharapkan dapat memberikan umpan balik terhadap upaya maupun capaian-capaian selama ini. Misalnya suatu saat di Sumbawa ada perusahaan pengolah rumput laut, perusahaan pengolah jagung sehingga nantinya Sumbawa akan menjadi pengeskport bahan jadi bukan bahan mentah seperti sekarang ini.

Baca Juga  Pilkades: Membangun Sumbawa dari Pinggir

Memperhatikan paparan Bupati Sumbawa, para panelis memberikan apresiasi kepada kinerja pemasaran daerah selama ini. Asisten Deputi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Putu Ngurah berharap selain Festival Moyo juga dapat dilaksanakan Sail Moyo, kementerian siap mendukung dan memfasilItasi bersama para pelaku dan investor pariwisata. Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM RI akan membawa potensi Sumbawa pada beberapa investor bidang infrastruktur dan wisata alam. Demikian juga para panelis lainnya akan membantu Kabupaten Sumbawa untuk melakukan beberapa promosi dan pemasaran pada event ekspo di luar negeri. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD