Verifikasi BPKP Alot, Kasus Bank NTB Belum Tetapkan Tersangka

oleh -12 views
Mantan Dirut Bank NTB Sumbawa, MA Diperiksa Polisi

SUMBAWA BESAR, SR (27/11/2015)

Meski sudah lama melakukan verifikasi, namun hingga kini BPKP NTB belum menyerahkan hasil perhitungan kerugian negara terkait dengan kasus dugaan kredit bermasalah di Bank NTB Cabang Sumbawa. Saat ini Polres Sumbawa melalui penyidik Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Reserse dan Kriminal (Reskrim) tengah menunggu hasil verifikasi (audit) tersebut. Sebab tanpa itu, penyidik menemui hambatan dalam meningkatkan status penanganan kasus Bank NTB dari penyelidikan ke penyidikan. Artinya ketika penanganan ini sudah masuk tahap penyidikan, maka sudah pasti akan diikuti dengan penetapan tersangka. Apalagi penyidik kepolisian sudah lama mengantongi sedikitnya tiga orang calon tersangka. “Sampai sekarang kami masih menunggu hasil verifikasi dari BPKP terhadap rekening para nasabah untuk mengetahui besarnya kerugian negara,” kata Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK, Jumat (27/11).

Kapolres mengiyakan jika belum adanya hasil verifikasi menjadi ganjalan bagi jajarannya untuk meningkatkan status penanganan dari penyelidikan (lidik) ke penyidikan (sidik). Namun demikian Kapolres memahami bahwa proses verifikasi  sangat panjang mengingat harus memeriksa ratusan rekening nasabah Bank NTB Cabang Sumbawa. “Sampai sekarang kami masih sabar menunggu,” ucapnya.

Seperti diberitakan, sebelumnya laporan kasus kredit bermasalah Bank NTB Tahun 2007 lalu mulai ditangani polisi awal 2015. Bermula dari pemberian kredit kepada 151 karyawan PTNNT senilai total Rp 7,5 miliar atau berkisar Rp 50 juta per orang. Namun dalam pencairan pencairan disinyalir tidak sesuai prosedur yaitu dilakukan secara langsung tanpa ada pengecekan lapangan dan jaminan dari kreditur. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Divestasi 2 Persen Saham PTNNT Sarat Korupsi

No More Posts Available.

No more pages to load.